.

Ridwan Kamil JIM Perkuat _Sport Tourism_ Jabar

Caption: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melepas peserta Jabar International Marathon (JIM) 2022 di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Minggu (20/11/2022).

PANGANDARAN.LENTERAJABAR.COM,-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta Jabar International Marathon (JIM) 2022 di Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Minggu (20/11/2022).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menuturkan, JIM merupakan salah satu upaya Pemda Provinsi Jabar mempromosikan wisata Jabar melalui _sport tourism_. Acara tersebut digelar secara rutin di akhir tahun.

"Ini adalah olahraga maraton yang merupakan kesekian kalinya untuk mempromosikan Jawa Barat di setiap akhir tahun," ucap Kang Emil.

"Jadi acara ini digelar di Pangandaran untuk menguatkan _sport tourism_, pariwisata yang berhubungan dengan olahraga," imbuhnya.

Kang Emil juga mengatakan, peserta JIM mengalami peningkatan setiap penyelenggaraannya. Tahun ini, katanya, peserta yang berjumlah sekitar 2.000 orang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Setiap tahun kita sempurnakan, dan pesertanya kurang lebih dua ribuan di tahun ini, yang mengikuti dari seluruh Indonesia," kata Kang Emil.

"(Peserta) Ini dari seluruh Indonesia. Dari Sumatera ada, dari Bali, dari Kalimantan, dari mana-mana," tambahnya.

Meski peserta terus bertambah, Kang Emil tetap menargetkan capaian peserta yang lebih baik lagi hingga melibatkan pelari-pelari dari luar negeri. Ia berharap, JIM akan menjadi salah satu _sport tourism_ paling dinantikan di dunia.

"Kita targetnya suatu hari internasional, pelari-pelari dari luar negeri pun suatu hari akan ikut dan akhirnya menjadi sebuah peristiwa yang legendaris, olahraga di Jabar," harapnya.

Tema JIM tahun ini adalah “Berlari Menuju Indonesia Juara”. Adapun kategori yang dilombakan adalah 42K (_marathon_), 21K (_half marathon_), 10K, 5K dan 5K Pelajar pada pilihan _in person/offline race.(Rie/Red)