.

DPRD Jabar Apresiasi Gelaran Rakernis Ke-11 di Bandung

Caption : Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi dan Ketua Komisi saat menghadiri Rakernis Ke-11 Komisi Informasi (KI) se-Indonesia di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/9/2022) malam.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, -Jawa Barat terpilih sebagai tuan rumah Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-11 Komisi Informasi (KI) se-Indonesia yang digelar 5-7 September 2022 di Kota Bandung.

Pertemuan yang menghadirkan Komisi Informasi se-Indonesia membahas agenda strategi menghadapi tantangan zaman.

Pada pembukaan acara tersebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keynote speech dalam Rapat Kerja Teknis ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia Tahun 2022 dengan tema 'Akselerasi Sinergi dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespons Tantangan Zaman' di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/9/2022) malam. 

Acara Rakernis Komisi Informasi se-Indonesia ke-11  ini juga di hadiri Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari Ketua Lintas Komisi DPRD Provinsi Jawa Barat antara lain Ketua Komisi 1 Bedi Budiman,Ketua Komisi V Abdul Haris Bobihoe ,Wakil Ketua Komisi III Sugianto Nanggolah, Wakil Ketua Komisi IV Cucu Sugyati.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Komisi Informasi se-Indonesia berinovasi untuk demokrasi Pancasila yang dianut masyarakat Indonesia. 

Apabila hal itu bisa terealisasi, maka kebermanfaatan dari sebuah demokrasi akan terasa ke seluruh penjuru daerah. Sehingga masyarakat hidup dalam suasana adil makmur. 

Melalui Rakernis, Kang Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil -- berharap bisa melahirkan ekosistem keterbukaan informasi yang seirama dengan aturan demokrasi Pancasila di Indonesia. 

DPRD Jabar mengapresiasi di gelarnya Rakernis Komisi Informasi se-Indonesia ke-11 di Kota Bandung .berharap agar keterbukaan informasi ini menjadi sebuah ekosistem di dalam demokrasi yang kita pilih. Kalau ada masalah selesaikan oleh mekanismenya. Kalau masih ada institusi negara belum terbuka, kalau di Jawa Barat sudah kita dorong semuanya. Mudah-mudahan Jawa Barat menjadi inspirasi.

Rakernis ini diharapkan sebagai ajang transfer ilmu. Dengan tujuan menciptakan good government yang manfaatnya terasa oleh masyarakat. 

Sementara itu, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro menuturkan, Jabar layak meraih nomor satu keterbukaan informasi publik. Menurutnya, hal itu tercermin dari transparan dan akuntabilitas semua institusi yang ada. 

"Di Jawa Barat ini memang betul-betul Pak Gubernur dan masyarakat terbaik menyabet indikator keterbukaan informasi publik," sebutnya. 

Untuk itu, dirinya berharap semua daerah bisa meneladani kisah sukses Jabar tentang keterbukaan informasi publik. Dengan Rakernis KI, Donny meminta semua yang hadir untuk bersinergi dan berkolaborasi. (Rie/Red)