.

Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh Angkat Bicara Soal Ruang Arsip DPRD Terbakar

Caption : Ruang penyimpanan arsip  lantai 3 gedung DPRD Jabar yang terbakar

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Gedung DPRD Jabar mengalami kebakaran. Kebakaran terjadi di ruang penyimpanan arsip yang berada di lantai 3 gedung sebelah timur DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Minggu (21/8/2022).

Menyikapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Oleh Soleh meminta audit mendalam terkait kebakaran ruang arsip di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat tersebut.

Lebih lanjut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatan, audit harus dilakukan secara menyeluruh baik terkait jalur kabel listrik hingga struktur bangunan.

"Saya sudah suruh mengaudit secara keseluruhan dan mengaudit juga soal gedung DPRD baik sisi jalur kabel listrik maupun struktur bangunan. Karena ini jadi penting sekali jangan sampai saat kami bekerja di kantor, kebakaran terjadi kembali," ungkap Soleh di Bandung Ahad 21 Agustus 2022.

Menurut Anggota Lgislatif (Aleg) partai berlambang bintang sembilan ini terkait penyebab kebakaran, Oleh menerima informasi dugaan sementara adalah korsleting arus pendek listrik di ruang arsip lantai 3.

Adapun data arsip yang terbakar adalah dokumen sejak tahun 2020 hingga 2022. Api cepat membakar mengingat ruang arsip berisi banyak kertas yang mudah terbakar,jelas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) XV meliputi Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya.

Meski masih ada sebagian arsip yang tidak terbakar, tapi Soleh meyakini arsip itu tetap tidak terselamatkan karena hancur disemprot air oleh petugas pemadam kebakaran.

"Arsip yang tidak terbakar juga saya kira menjadi ancur karena itu disemprot air, jadi saya yakin dokumen di ruang arsip bahwa itu tidak terselamatkan," ungkapnya.

Kendati demikian ia bersyukur kebakaran tidak menjalar ke ruangan lainnya karena Gedung DPRD Jabar memiliki SOP penanganan dan peralatan pemadam kebakaran.

"Gedung kita memiliki SOP penanganan dan peralatan pemadamam kebakaran yang sudah tersertifikasi. Namun alhamdulillah sudah teratasi dengan baik, sudah tertangani dengan baik, api bisa dipadamkan dengan baik dan tidak menjalar ke tempat lain," ucap dia.

"Intinya musibah ini tidak bisa diprediksi dan ini merupakan suatu cobaan untuk DPRD dan tentu ini jadi sebuah hikmah yang bermanfaat bagi kami bagaimana safety gedung harus ditingkatkan," pungkasnya. (Rie/Red)