.

Pasar Buku Palasari, Surganya Pecinta Buku

Caption : Kios buku yang terdapat di Pasar Palasari

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Warga Kota Bandung tentu sudah tidak asing lagi dengan Pasar Buku Palasari. Berkawasan di sepanjang Jalan Palasari, pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Rizal, salah satu penjual buku mengatakan, sebelumnya para pedagang buku berjualan di kawasan Cikapundung. Kemudian pemerintah memindahkan para pedagang ke lantai 2 gedung pasar di Jalan Palasari tersebut.

Sekitar awal tahun 1990-an, kebakaran menimpa pasar tersebut. Para pedagang di pindahkan ke lahan sementara, yang dulunya merupakan lahan parkir. 

Namun lahan sementara tersebut sudah menjadi lahan tetap hingga saat ini.

Saat tiba di kawasan pasar buku, para pedagang akan menyapa dan bertanya tentang buku yang kalian butuhkan. Tidak jarang pedagang juga membantu mencari buku yang kalian cari ke pedagang lain.

Buku yang dijual di Palasari sangat beragam. Mulai dari buku pengetahuan umum, agama, sastra, novel, hingga komik bisa kalian temukan di sini. Selain buku, di Pasar Palasari juga dapat menemui jasa percetakan dan jasa sampul buku.

“Di sini komplit dan terpercaya dari dulu, karena saya juga sudah sering beli di sini," ungkap Hanif, salah satu pembeli.

Buku yang dijual di sini juga tersedia dari buku baru hingga buku bekas yang sudah langka tetapi masih layak baca. Bahkan buku yang sudah tidak dicetak lagi.

“Buku yang saya beli juga buku lama, buku tentang teater," imbuh Hanif.

Untuk harga buku-buku disini cukup murah karena kebanyakan penjual di sini mengambil langsung buku dari penerbitnya. Kalian juga masih bisa untuk menawar harga dengan para pedagang.

"Kalau sumber bukunya bisa dari penerbitnya langsung, ada juga yang bekas orang dijual di sini. Kan di sini bisa jual-beli," ungkap Rahmat, salah satu pedagang buku lainnya.

Untuk kalian yang tertarik dan berencana untuk datang langsung, Pasar Buku Palasari buka setiap hari, pada pukul 09.00 - 17.00 WIB. (Rie/Red)