.

Pendaftar PPDB Jabar Tahap Dua Tembus 400 Ribu Lebih Jelang Tiga Hari Penutupan

Caption : Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Sebanyak  437.610 calon peserta didik telah mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap dua ke sekolah yang berada di Jabar. Namun, kuota PPDB di tahap dua hanya sekitar 177 ribu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi mengungkapkan, PPDB tahap dua di Jabar dimulai sejak 23 Juni hingga 30 Juni. Menurutnya, pada PPDB tahap dua ini SMA menggunakan jalur zonasi sedangkan SMK melalui jalur prestasi nilai rapor. 

"Sampai hari ini total yang telah mendaftar 437.610 peserta. Kalau kuota pendaftar di SMK melalui jalur prestasi nilai rapor ini lebih, maka akan ditentukan melalui zonasi juga," ungkap Dedi, Senin (27/6/2022).

Dedi menjelaskan, para PPDB tahap pertama lalu, terdapat 286.716 pendaftar. Akan tetapi, jumlah peserta didik yang diterimanya hanya 153.555 orang.

Kendati begitu, calon peserta didik yang tak tertampung di tahap dua, bisa disalurkan ke sekolah swasta maupun sekolah yang berada dalam naungan Kemenag dan lainnya. 

"Total seluruh itu ada 704 ribuan (peserta) didik. Jadi, nanti ada sekolah dari yayasan swasta, Kemenag dan lainnya," kata dia.

Pendaftaran PPDB tahap dua bisa dilakukan melalui dua cara, pertama cara mandiri. Calon peserta bisa mengakses tautan pendaftaran resmi milik Disdik Jabar, yakni https://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. 

Kedua, pendaftaran bisa dilakukan oleh sekolah tujuan, yakni melalui link http://sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. (Rie/Red)