.

Presiden Jokowi Imbau Balik dari Kampung Halaman Lebih Awal, Jangan Semua 7-8 Mei

Caption : Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait mudik lebaran usai bersilaturahmi di Keraton Yogyakarta,Senin, 2 Mei 2022. Foto: BPMI Setpres


YOGYAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat  melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2022 lebih awal. Pasalnya, menurut Jokowi, jumlah warga yang berangkat mudik Lebaran 2022 ini sangat banyak.

"Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," kata Jokowi dalam keterangan Setpres di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Jokowi berharap para warga yang hendak balik ke arah Jakarta atau kota lainnya tak kompak pada hari Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5). Arus balik lebih awal agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang rawan kemacetan

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan arus mudik Lebaran berjalan dengan baik dan lancar meski ada beberapa kendala kecil di lapangan, seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

"Memang volume kendarannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada. Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi," jelasnya.

Jokowi pun bersyukur pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, berjalan dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah tadi salat Id di Gedung Agung, di Istana, berjalan dengan baik, semuanya lancar dan alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idul Fitri tahun ini. Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, alhamdulillah" kata Jokowi.(Red/**)