.

Ayo Kunjungi! Teras Lembang, Pariwisata Halal yang Dikembangkan Melalui Dana Wakaf

Caption : Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung, Teras Lembang

LEMBANG.LENTERAJABAR.COM
,- Konsep wisata halal belakangan menjadi trend di tengah masyarakat. Pengembangan konsep ini juga merupakan dorongan dari Kemenparekraf RI yang menilai pariwisata halal kedepan menjanjikan peluang usaha dan mampu membangkitkan ekonomi.

Menurut Menparekraf, Sandiaga Uno, pariwisata halal merupakan tambahan layanan yang meliputi kategori makanan halal, tempat ibadah, serta kamar kecil yang ramah pengunjung.

Sejalan dengan itu, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung, Teras Lembang turut mengembangkan konsep halal tourism dalam pelayanannya.

Disini, para pengunjung disajikan dengan beberapa spot wisata mulai dari Arena Pacu Kuda dan Berpanah, Camping Ground, Kebun Strawberry, Kebun Anggrek, Kebun Pakcoy, Kedai Makanan Sunda, serta masjid dengan suasana sejuk berlatar pegunungan.

Selain bisa menikmati spot-spot tersebut, pengunjung juga disajikan dengan pemandangan sejuk Gunung Putri yang terpampang tepat di belakang Teras Lembang.

Teras Lembang didirikan di atas tanah wakaf yang merupakan wakaf dari keluarga Bapak Mashudi, Mantan Gubernur Jawa Barat di Era 1960-1970.

Tanah wakaf tersebut lantas dikembangkan menjadi Kawasan Wakaf Terpadu Sinergi Land oleh Sinergi Foundation selaku nadzhir (pihak pengelola wakaf) serta mengembangkan konsep wisata halal di dalamnya.

Sebagaimana wakaf, yaitu menahan pokoknya lalu menyedekahkan hasilnya untuk kepentingan orang banyak. Begitu pula yang diterpakan di Teras Lembang.

Tanah yang merupakan pokok wakaf diproduktifkan dengan membangun tempat-tempat yang bisa menghasilkan keuntungan. Setelahnya, keuntungan tersebut dialirkan untuk program-program sosial di Sinergi Foundation.

Program sosial tersebut berupa rumah bersalin gratis bagi ibu dhuafa, sekolah gratis santri penghafal quran, dan program sosial lainnya.

Dengan begitu, setiap pengunjung yang datang ke Teras Lembang sama dengan turut berwakaf untuk program-program tersebut.

Upaya ini juga merupakan ikhtiar Sinergi Foundation sebagai lembaga pengelola wakaf, demi membumikan wakaf untuk kemaslahatan bangsa. **