Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi Bakal Lantik Anggota KPU-Bawaslu Terpilih 12 April

Sabtu, 09 April 2022 | 21:08 WIB Last Updated 2022-04-09T14:08:25Z

Caption : Menko Polhukam Mahfud Md (foto tangkapan layar youtobe Kemenko Polhukam)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik anggota KPU dan Bawaslu terpilih pada 12 April. Hal tersebut disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md.

"Saya sampaikan bahwa pada hari Selasa, tanggal 12 April 2022, Presiden akan melantik anggota KPU dan Bawaslu yang telah dipilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan DPR," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Mahfud mengatakan pelantikan anggota KPU dan Bawaslu terpilih merupakan bukti pemerintah fokus menyiapkan Pemilu 2024. Dia mengatakan pemerintah tak akan mengintervensi kerja KPU dan Bawaslu.

"Ini sebagai bukti bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu. Kami tidak akan mengintervensi, tapi akan menyiapkan Pemilu 2024 sesuai dengan konstitusi dan undang-undang," ucapnya.

Dia berharap anggota KPU dan Bawaslu yang baru langsung bekerja menyiapkan pemilu 2024. Dia mengatakan pemilu harus berjalan sesuai konstitusi.

"Kepada KPU dan Bawaslu, diharapkan terus bekerja menyiapkan pemilu sesuai dengan ketentuan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu," ucapnya.

Selain itu, Mahfud menyinggung soal pemerintah yang tak melarang masyarakat menyampaikan aspirasi, apa pun isinya. Menurutnya, hal itu menjadi bagian dari kebebasan berpendapat.

"Kita juga tidak akan menghambat wacana politik yang muncul di tengah-tengah masyarakat dengan segala Pro dan Kontranya, karena kebebasan seperti itulah dulu yang kita perjuangkan bahwa aspirasi politik di masyarakat harus dibuka salurannya, kemudian lembaga-lembaga politik bisa mengambil keputusan sesuai dengan aspirasi masyarakat," ujar Mahfud.

Berikut daftar anggota KPU dan Bawaslu terpilih:

KPU:

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asy'ari

3. Mochammad Afifuddin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Melaz


Bawaslu:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Haryono

5. Herwyn Jefler H. Malond


×
Berita Terbaru Update