.

Cara Belanja Aman untuk Kebutuhan Lebaran dan Mudik


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Setelah dua tahun absen mudik, akhirnya tahun ini ada lampu hijau dari pemerintah untuk memperbolehkan kita pulang kampung. Rasanya sudah tak sabar bersua dengan kerabat di kampung halaman. 

Beberapa dari kita bahkan sudah membuat daftar oleh-oleh apa yang akan dibawa nantinya. Atau sudah siap-siap untuk belanja kebutuhan Lebaran nanti 


Agar tetap aman saat berbelanja di masa pandemi Covid-19, ada beberapa tip dari laman resmi covid19.go.id yang bisa kita praktikkan. 


1. Buat Daftar Belanja


Selain agar tidak kalap belanja, dengan daftar belanja membuat pergerakan kita menjadi lebih efektif. Anda bisa membuat daftar dengan mengelompokkan bahan makan dan nonmakanan, sehingga tak perlu bolak-balik etalase. 


Bahkan, jika Anda sudah hafal tata letak etalase, daftar belanja bisa dibuat dari bahan yang paling dekat dengan pintu masuk sampai ke belanjaan terakhir sebelum kasir. 


2. Gunakan Masker


Meski saat ini Kota Bandung telah memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, penggunaan masker harus selalu kita terapkan. 


Masker medis lebih direkomendasikan untuk kita gunakan dibanding masker kain. Sebab, masker medis mampu melindungi droplet sampai 90 persen. Namun, untuk lebih protektif, kita bisa dobel dengan menggunakan masker kain di luarnya. 


3. Jaga Jarak


Jaga jarak juga penting untuk kita lakukan, terlebih saat berbelanja di toko atau pasar yang notabenenya ramai. Minimal jarak kita dengan pengunjung lain sejauh 1 meter. 


4. Cuci Tangan dan Gunakan Hand Sanitizer


Sebelum berangkat, pastikan sudah mencuci tangan selama 20 detik dengan benar menggunakan sabun. 


Sabun memiliki dua sisi molekul. Satu sisi adalah molekul yang tertarik dengan air dan sisi lainnya tertarik dengan lemak. 


Covid-19 dibalut oleh partikel protein dan lemak yang melindunginya dari air. Maka, saat sabun bersentuhan dengan virus covid-19, balutan lemak tersebut akan terpecah dan virusnya akan ikut tandas. 


Untuk menambah perlindungannya, kita bisa gunakan juga hand sanitizer. Namun, hand sanitizer jangan dijadikan sebagai proteksi pertama untuk mencegah virus. Sebab, kandungan alkohol pada hand sanitizer tidak bisa membunuh semua kuman dan virus. 


5. Hindari Banyak Tempat


Pilihlah toserba yang menyediakan semua kebutuhan yang Anda telah tuliskan dalam daftar belanja. Sehingga, bisa meminimalisasi kunjungan ke banyak tempat. 


Namun, jika ternyata Anda harus mengunjungi lebih dari satu tempat, kunjungilah toko tersebut di waktu-waktu senggang untuk menghindari keramaian. 


6. Belanja Online


Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi belanja online untuk memenuhi daftar kebutuhan yang ingin dibeli. 


Namun, Anda harus memastikan kredibilitas dari toko online tersebut. Meski belanja online lebih aman dari covid-19, jangan sampai malah membahayakan isi dompet Anda. 


7. Patuhi Regulasi yang Berlaku


Di beberapa daerah ada ragam regulasi mengenai pusat perbelanjaan. Di Bandung sendiri, pemerintah telah menetapkan toko-toko bisa beroperasi dari pukul 08.00-21.00 WIB. 


Anda juga bisa memanfaatkan jasa pesan antar melalui aplikasi ojek online untuk lebih efektif dan efisien. Kemudian, beberapa tambahan lainnya, usahakan bawa tas belanja sendiri. Selain menjaga lingkungan, tas belanja dari rumah kita pun sudah dipastikan bersih. 


Terakhir, setelah berbelanja, sebaiknya semprot seluruh barang belanjaan nonmakanan dengan desinfektan untuk mematikan virus dan kuman yang ada pada bungkus belanjaan. 


Selamat berbelanja dengan aman! (Rie/Red)