Notification

×

Iklan

Iklan

Wagub Jabar: Bangun Desa Kolaborasikan Dengan Program Provinsi

Senin, 28 Maret 2022 | 17:55 WIB Last Updated 2022-04-11T11:17:44Z

Caption: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Peresmian Gebyar Desa dan Peluncuran BUMDes Menjadi Bank Desa di Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

GARUT.LENTERAJABAR.COM
, - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Peresmian Gebyar Desa dan Peluncuran BUMDes Menjadi Bank Desa di Desa Wanajaya Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Senin (28/3/2022). 

Pak Uu -sapaan Wagub Jabar- mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar sangat fokus terhadap pembangunan yang ada di desa karena desa merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah pembangunan yang berkelanjutan. 

Ia mengapresiasi kegiatan ini tiada lain untuk memajukan perekonomian di desa, sehingga masyarakatnya bisa sejahtera. Ini selaras juga dengan arahan Presiden RI Joko Widodo saat mengadakan rapat di Provinsi Bali beberapa saat lalu. 

"Bapak Presiden memerintahkan pada para Gubernur untuk membeli produk-produk lokal dari Indonesia. Seluruh kebutuhan yang ada diusahakan jangan membeli produk dari luar negeri," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Pak Uu berharap para kepala desa dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mampu membaca peluang usaha saat ini. Desa mempunyai potensi yang sangat luar biasa mulai dari pertanian, perikanan, peternakan, bahkan pariwisata. 

"Saya harap kepala desa harus menjadi inovator, jangan menjadi operator. Kalau menjadi operator suatu saat akan tergantikan dengan robot, dan akan tergantikan oleh komputer," ujarnya. 

"Kepala desa juga harus kolaboratif karena kolaborasi itu sebuah kekuatan yang sangat hebat," ujar Pak Uu. 

Selain itu ia juga berharap generasi milenial yang telah lulus sekolah di kota untuk kembali ke desa memajukan dan mengembangkan kembali potensi desanya. Hal tersebut bisa dikolaborasikan dengan program provinsi. 

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempunyai program yang fokus pada desa, diantaranya  Desa Digital, dan Satu Desa Satu Produk. Semua berawal dari desa, sehingga tagline hidup di desa, pendapatan kota, bisnis mendunia dapat terwujud," tuturnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jabar Dicky Saromi menuturkan,Gebyar Desa Tahun 2022 bertujuan untuk mengebyarkan potensi dan keunikan desa, sekaligus menjadikan desa sebagai barometer keberhasilan dalam membangun Jawa Barat. 

"Kegiatan Gebyar Desa ini akan terus dirangkaikan dengan kegiatan desa-desa lain yang ada diseluruh Jawa Barat karena masing-masing desa mempunyai keunikan dan potensi, khususnya bagi mereka yang menjalankan ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa," jelasnya.(Red/**)

×
Berita Terbaru Update