Notification

×

Iklan

Iklan

Optimalkan Kebermanfaatkan ZISWAF, Sinergi Foundation Jalin Kolaborasi dengan Musa'adatul Ummah

Rabu, 16 Maret 2022 | 13:58 WIB Last Updated 2022-03-16T06:58:52Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-Sebagai Negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak, Indonesia memiliki potensi zakat, infak-sedekah, dan wakaf (ZISWAF) yang luar biasa.

Badan Zakat Nasional (Baznas) pada pertengahan 2021 lalu, mengungkapkan potensi ziswaf di Indonesia capai Rp 500 triliun per tahun. Potensi itu mencakup sebanyak Rp 327 triliun zakat dan Rp 187 triliun berasal dari wakaf.

Sayangnya, potensi ini belum berjalan seperti yang diharapkan. Literasi yang rendah akan ziswaf itu sendiri serta kurangnya tingkat kesadaran masyarakat akan keberadaan lembaga-lembaga pengelola ziswaf di negara kita, menjadi salah satu penyebab penghimpunan ziswaf di Indonesia masih belum optimal.

Padahal bila dimaksimalkan, ziswaf sangat bisa menjadi instrumen untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas

Sebagai salah satu lembaga pengelola zakat, infak-sedekah, dan wakaf resmi di Indonesia, Sinergi Foundation berupaya tingkatkan kesadaran masyarakat untuk berziswaf.

Upaya tersebut dilakukan dengan cara mengedukasi masyarakat terkait ziswaf melalui berbagai kanal. SF juga menyediakan kanal pembayaran online dan offline untuk memudahkan para donatur dalam menjalankan tuntunan syariah ziswaf.



Namun, untuk bisa menyebarkan kebaikan yang luas ini diperlukan sinergitas dari banyak komponen masyarakat. Seiring dengan munculnya kesadaran akan keterbatasan menjangkau daerah-daerah untuk bisa merasakan kemaslahatan ziswaf, Sinergi Foundation pun berkolaborasi dengan Musa'adatul Ummah Al-Ma'soem, salah satu lembaga pengelola zakat di wilayah Bandung Timur.

Kolaborasi ini secara resmi terjalin dalam kunjungan Musa'adatul Ummah ke kantor Sinergi Foundation di Gedung Wakaf 99, Jl. Sidomukti No. 99 H, pada Selasa (15/3/2022). Dengan semangat membangun negeri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kolaborasi ini diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat khususnya di wilayah bandung Timur.

Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

Program-program tersebut di antaranya sekolah gratis untuk santri penghafal quran (Kuttab Al-Fatih Sinergi Foundation), rumah bersalin gratis untuk ibu dhuafa (Rumah Bersalin Cuma-Cuma), pemberdayaan masyarakat desa (Lumbung Desa), dan pemakaman gratis bagi dhuafa (Firdaus Memorial Park).(Red/**)

×
Berita Terbaru Update