.

KSAD Jenderal Dudung Jadi Ketua Dewan Pembina Badan Koordinasi Mubaligh

Caption : Ketua Umum Bakomubin Ali Mochtar Ngabalin bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman ,(foto istimewa)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pembina Badan Koordinasi Mubaligh Se-Indonesia (Bakomubin). Jenderal Dudung ditunjuk karena sosoknya dinilai religius dan memiliki semangat toleransi yang tinggi.

"Kang Haji Dudung santri alumni Pesantren Buntet, Cirebon. Beliau juga mubalig, jadi kami minta beliau turut memperkuat Bakomubin," ujar Ketua Umum Bakomubin Ali Mochtar Ngabalin kepada wartawan, Sabtu (19/3/2022).

Penunjukan Jenderal Dudung itu berdasarkan hasil Musyawarah Nasional III yang berlangsung pada 27 Februari 2022 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat. Ali Ngabalin kembali terpilih menjadi Ketua Umum untuk periode 2022-2027. Menurut Ngabalin, selama ini Jenderal Dudung dikenal sebagai figur tentara yang tegas namun belum banyak masyarakat tahu sisi religius Dudung.

"Saat jadi Komandan Kodim di Sumatera Selatan, beliau sering ceramah agama ke pelosok-pelosok kampung. Ketika jadi Pangdam Jaya, beliau rajin

bersilaturahmi keliling ke sejumlah masjid," kata Ngabalin.

Sementara itu, Jenderal Dudung pun menyatakan kesediaan dipilih menjadi Ketua Dewan Pembina Bakomubin. Dudung berharap Bakomubin bisa menyebarkan semangat moderasi beragama ke seluruh Indonesia.

"Apalagi organisasi ini tempat berkumpulnya para mubalig yang berdakwah menyampaikan pesan agama dengan cara baik," ucap Dudung.

Diketahui, audiensi dengan Jenderal Dudung ini dihadiri seluruh jajaran Pengurus Pusat Bakomubin. Selain Ketua Umum Ali Ngabalin, audiensi juga diikuti oleh Wakil Ketua Ahsr.(Red/**