.

Kadisdik Jabar Dedi Supandi Pimpin Serah Terima Jabatan dan Berikan Arahan

Caption : Caption : Kadisdik Jabar, Dedi Supandi (kanan) dan Sekdisdik Jabar, Yesa Sarwedi(kiri) saat acara "Serah Terima Jabatan di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat" di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Senin (14/3/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, – Pelantikan dan pengukuhan Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah I-XIII di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Barat, beserta pejabat lainnya, dilakukan Jum’at (11/3/2022) sore. Berbarengan dengan pejabat fungsional dan struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi melakukan "Serah Terima Jabatan di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat". Sertijab digelar di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (14/3/2022).

Pada kesempatan itu Kadisdik Jabar memberikan arahan strategis kepada Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah I-XIII yang baru dilantik dan dikukuhkan.

Kadisdik menuturkan, dalam setiap pelantikan, pengukuhan, mutasi, rotasi pasti ada suka dan tidak suka. "Saya hanya menyampaikan, mari kita bersabar seperti yang agama ajarkan. Sabar atas yang kita sukai dan tidak sukai," tuturnya.

Jadi, Kadisdik mengimbau agar semua bisa memahami karena hari ini sudah menjadi keputusan. "Yang penting, keputusan itu kita laksanakan sebaik-baiknya," ujarnya.

Mutasi dan rotasi ini, jelas Kadisdik, betul-betul sesuai dengan yang dibutuhkan organisasi. "Hari ini sudah serah terima jabatan, fokus kembali bekerja. Banyak yang harus kita raih," imbaunya.

Kadisdik pun mengucapkan selamat kepada yang sudah dilantik. "Selamat bekerja. Kita harus segera bekerja untuk meraih beberapa target yang sudah kita rencanakan," pesannya.

Amanah dan Tantangan

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) yang baru dilantik, Awan Suparwana merasa bersyukur mendapatkan amanah baru ini. Namun, hal tersebut juga menjadi tantangan baginya karena bidang GTK bukanlah hal yang mudah.

"Banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Kita mungkin akan segera tancap gas," tegasnya.

Secara umum, lanjutnya, tupoksi GTK itu ada 3, yaitu pengelolaan, pengembangan karier, kesejahteraan dan perlindungan. "Saya berharap, GTK bisa lebih profesional serta bisa lebih melayani kebutuhan-kebutuhan, baik untuk guru dan tenaga kependidikan sebagai tupoksinya," harapnya.

Hal senada disampaikan Kabid PSMA yang juga baru dilantik, I Made Supriatna. "Seperti disampaikan Pak Kadis bahwa sertijab ini adalah amanah yang harus dilaksanakan. Pertama, saya ingin meningkatkan APK, kedua meningkatkan rata-rata lama sekolah, dan ketiga jelas meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat," tuturnya. 

Ke depan, pihaknya akan mencoba berkolaborasi melakukan sister school dengan SMK. Dimana, nanti siswa-siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi akan diberikan professional skill sesuai minat dan bakatnya. Selanjutnya, melakukan pemetaan sumber daya manusia yang ada di satuan pendidikan. 

"Saya berharap, ke depan insya Allah Jawa Barat menjadi yang terdepan dalam pendidikan di Indonesia," harapnya.

Kepala Subbagian Perencanaan dan Pelaporan, Diah Restu Susanti pun merasa bersyukur dan berterima kasih atas amanah yang diberikan. "Semoga ini bisa membawa keberkahan bagi pengembangan diri saya dan ke depannya mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan pendidikan di Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Abur Mustikawanto KCD XII, siap melakukan tugas sesuai dengan arahan Dedi Supandi.

Dirinya akan melanjutkan program yang ada, termasuk mempersiapkan pelaksanaan PPDB agar lebih optimal dan berkeadilan.

“Kita siap-siap mempersiapkan PPDB, karena kita harus buat zonasi cek dan ricek jangan sampai nanti saat PPDB tidak salah menentukan zonasi. Jauh-jauh hari kita juga akan melakukan sosialisasi. Jangan sampai ada anak yang dekat sekolah malah tidak keterima di sekolah tersebut,” kata Abur yang masih tetap menjadi pucuk pimpinan di KCD XII.

Sedangkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Firman Oktora menyatakan, sebagai pegawai, seyogianya harus selalu siap ditugaskan. "Semoga kita bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Semoga dapat mendukung dalam meningkatkan aksesibilitas, mutu, dan tata kelola. Mohon doa dan dukungannya," tutupnya

Berikut KCD yang dilantik dan dikukuhkan Dadang Sufyan Syaifullah, KCD I, Otin Martini, KCD II, Asep Sudarsono, KCD III, Ai Nur Hasan, KCD IV, Nonong Winarni, KCD V, Endang Susilastuti, KCD VI, Firman Oktora, KCD VII, Dahyar, KCD VIII, Dewi Nurhulaela, KCD IX, Aang Karyana, KCD XI, Ambar Triwidodo KCD X, Abur Mustikawanto, KCD XII dan Asep Suhendra, KCD XIII.(Rie/Red)