.

DPRD Jabar Ingin Bantu Wujudkan Megu Cilik HEBAT

Caption : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady (tengah) saat menemui konstituen

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Moto Desa Megu Cilik di bawah kepemimpinan Kuwu Mutakin Billah adalah Megu Cilik Hebat (Hidup, Etika, Berkah, Amanah, Tenteram).

Demikian keterangan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady melalui telefon selularnya kepada media pada Senin (28/03/2020).

Megu Cilik adalah salah satu dari sembilan desa di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. 

Di bawah kepemimpinan Kuwu Mutakin Billah, pemerintah desa ini ingin memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya yang berjumlah sekitar 6.000 orang. Program yang diusung adalah merdeka sampah, setelah hujan reda tak boleh ada genangan banjir, perbaikan jalan, dan ekonomi maju.

Menurut Daddy, untuk menunjang semua itu, Megu Cilik sudah memiliki Peraturan Desa dan BUM Desa. Sayangnya, BUM Desa tersebut belum terberdayakan. Salah satunya karena Dana Desa 68% dipakai untuk penanggulangan covid-19 (40% BLT, 20% untuk penyokong ketahanan pangan, dan 8% untuk PPKM). Dengan demikian, hanya 32% dana desa yang bisa digunakan untuk pembangunan. Ini dirasa sangat berat.

Desa Megu Cilik sangat membutuhkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pembangunan gedung serba guna, perbaikan rutilahu (rumah tidak layak huni), bantuan alat angkut sampah, fasilitasi Megu Cilik sebagai desa wisata dengan unggulan Sate Megu dan Las Megu.

Selain itu, Megu Cilik juga membutuhkan bantuan perbaikan jalan supaya tak ada genangan banjir, bantuan biaya pembangunan gedung Pos Kesehatan Desa dan Posyandu.

Mereka juga membutuhkan bantuan permodalan untuk kelompok usaha bersama (KUBE) untuk UMKM, khususnya usaha sate dan pengelasan.

Desa ini juga cukup maju dalam hal pembinaan generasi muda. Sayangnya, sarana yang ada masih kurang memadai. Mereka membutuhkan bantuan pembangunan/pembenahan lapangan sepak bola karena desa ini memiliki bakat yang cukup baik dan kegiatannya pun cukup tertata.

"Semoga saja Desa Megu Cilik mampu memberi kontribusi pada pembangunan Jabar dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin seuai dengan Visi Misi Gubernur Jabar Ridwan Kamil," pungkas Daddy yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (Cirebon-Indramayu) itu.(Red/**)