Notification

×

Iklan

Iklan

Ajang Unjuk Kabisa Piala Gubernur Jabar 2022 Digelar

Minggu, 13 Maret 2022 | 19:10 WIB Last Updated 2022-03-19T12:12:27Z

Caption : Kadisdik Jabar, Dedi Supandi bersama Bunda Literasi Jabar, Atalia Praratya dalam pembukaan Piala Gubernur Jabar 2022 di Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (13/3/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar menggelar Piala Gubernur Jabar 2022 di Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (13/3/2022). 

Dalam ajang ini digelar tiga perlombaan, yakni turnamen bola basket antara SMA sederajat dan ASN se-Jabar, stand up comedy bahasa Sunda "Bodas" (Ngabodor Cerdas), dan lomba baca puisi. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bunda Literasi Jabar, Atalia Praratya.

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, setiap perlombaan memiliki tujuan baik masing-masing. Untuk lomba Bodas, diharapkan budaya bahasa Sunda kembali digaungkan. Sedangkan lomba cipta puisi diharapkan mampu mengembangkan potensi dan kreativitas. "Turnamen basket diharapkan mampu memicu sportivitas," ujarnya.

Yang menarik, khusus untuk turnamen basket SMA sederajat, peserta bukan hanya dari Jabar, ada beberapa sekolah dari DKI Jakarta yang juga turut berpartisipasi. 

Awalnya, menurut Kadisdik, ketiga lomba tersebut akan diadakan secara terpisah. Namun, pihaknya berinisiatif merangkaikan ketiga lomba tersebut. "Melalui Piala Gubernur Jabar ini, diharapkan indeks kebahagiaan warga Jabar meningkat," terangnya.

Atalia pun mengapresiasi kolaborasi seluruh pihak atas terselenggaranya Piala Gubernur Jabar 2022. "Saya apresiasi kepada Dispora dan Disdik, mudah-mudahan kegiatan ini memberikan ruang kepada pemuda Jabar," harapnya.

Ruang tersebut, tambahnya, merupakan upaya menghadirkan kreasi, inovasi, dan wadah bagi remaja untuk tampil dan mengaktualisasikan dirinya. "Ini juga bisa menjadi upaya pembinaan karakter untuk menjadi generasi emas di masa depan," ungkapnya.

Atalia mengungkapkan, aktivitas olahraga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini. "Di masa ini, berolahraga jadi salah satu upaya kita agar tubuh tetap sehat," imbuhnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh pihak agar jangan lelah menghadirkan kreativitas baru.

Secara simbolis, Atalia membuka Piala Gubernur Jabar 2022 dengan melakukan jump ball dalam pertandingan turnamen basket antara SMAN 8 Bekasi dan SMAN 9 Bandung. 

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh SMAN 9 Bandung dengan skor 49-41.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update