.

Hasbulah : Tol Cisumdawu Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Caption : Ketua Pansus VI DPRD Jabar Hasbullah Rahmad saat meninjau jalan tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan (Cisumdawu), Rabu, (2/1/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Tol  Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi satu hingga seksi tiga di Cimalaka Kab. Sumedang telah selesai dikerjakan bahkan sudah bisa di gunakan masyarakat ,namun kelanjutan pembangunan seksi  empat dan lima, proses pembangunan masih terhambat oleh bencana alam longsor. sedangkan seksi enam sudah hampir selesai.

Demikian hal tersebut dikatakan Ketua Pansus VI DPRD Jabar Hasbullah Rahmad saat meninjau jalan tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan (Cisumdawu), Rabu, (2/1/2022).

Menurut Hasbullah, percepatan pembangunan jalan tol tersebut menjadi harapan, pasalnya hal itu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian dari Bandung hingga Majalengka.

"Kita lihat ada beberapa titik yg belum selesai terutama yg longsor, kita berharap memang ada percepatan penyelesaian agar pertumbuhan ekonomi dari bandung sampai majalengka bisa teratasi dan bandara kertajati bisa berkembang," tegas Hasbullah.

Hasbullah berharap, Tol Cisumdawu dapat memudahkan akses transportasi bagi masyarakat dan juga dengan adanya tol tersebut menjadi salah satu upaya untuk menghidupkan Bandara Kertajati di Majalengka.

"Mudah mudahan bisa cepat selesai supaya bisa pertumbuhan ekonomi bisa berjalan baik orang maupun barang termasuk menghidupkan bandara Kertajati Majalengka," tutupnya.

Perlu diketahui Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Saat ini progres fisik Seksi 2 mencapai 97 persen.

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Kemudian pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya sudah 18,9 persen, dan seksi 5 Legok - Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya sebesar 37,3 persen. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 86,5 persen.(Rie/Adv)