.

Legislator Pertayakan Terminal Ciledug Kapan Selesai?

Caption : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady saat meninjau terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon
                               

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Terminal tipe B merupakan terminal yang dikelola oleh Dinas Perhubungan tingkat Provinsi. Provinsi Jawa Barat memiliki total 14 terminal tipe B yang ada. Dari semuanya, baru 7 yang Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana, serta Dokumen (P3D)-nya beres. Di dalam kelompok ini termasuk Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon dan Terminal Cikarang di Kabupaten Bekasi. 

"Pada tahun 2022 mulanya Pemprov Jabar akan membangun dua terminal, yakni Cikarang dan Ciledug. Sayangnya, karena fiscal gap yang menganga begitu dalam, APBD Jabar hanya mampu mendanai pembangunan terminal Cikarang," ujar Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady. 

Dalam perkembangannya Cikarang diambil alih oleh Pemerintah Pusat. Oleh karena itu, dana yang awalnya diperuntukkan guna membangun Cikarang dialihkan ke Ciledug.  Dengan demikian, Ciledug pun menjadi satu-satunya terminal yang akan dibangun pada tahun 2022. 



"Melihat progres pembangunannya, hingga kini baru perataan bangunan di lahan seluas 8.090 meter persegi itu. Proses lelang pekerjaan sudah dilakukan. Namun, melihat perkembangannya, tanda tangan kontrak diperkirakan baru bisa dilakukan sekitar bulan Maret," tambah Daddy yang merupakan Legislator dari daerah pemilihan Jabar XII (Cirebon-Indramayu) itu. 

Daddy menambahkan, kondisi di terminal saat ini menunjukkan bahwa jumlah bis yang masuk sudah ada kenaikan sekitar 15%. Setiap hari sudah masuk sekitar 30 bis, terutama Primajasa dan Luragung. 

"Kita tunggu saja. Semoga terminal yang sudah ditunggu pembangunannya oleh masyarakat itu segera terwujud," pungkas Daddy.(Rie/Red)