Notification

×

Iklan

Iklan

IKWI Jabar Sumbangkan Peralatan Trauma Healing Anak Korban Semeru

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:35 WIB Last Updated 2022-01-14T13:35:00Z

Caption : IKWI Jabar bersama Pengurus PWI Jabar saat memberikan sumbangan kepada korban Semeru

LUMAJANG.LENTERAJABAR.COM
,--Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat menggalang donasi dari para pengurus dan anggotanya untuk membantu pengadaan sarana penunjang program trauma healing bagi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru.

Wakil Ketua, Bidang Kesejahteraan dan Kesehatan IKWI Jabar, Lelly Indrawati dalam keterangannya menyatakan, bantuan diserahkan secara langsung beberapa hari yang lalu ke Posko Bantuan Erupsi Gunung Semeru di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Lumajang (Eks Kantor BNN Lumajang).

Dikatakan, bantuan yang diserahkan berupa boneka, mainan anak-anak, perlengkapan bayi, pakaian dan uang yang akan dibelikan peralatan penunjang untuk program trauma healing.

Bantuan tersebut diterima oleh relawan/pustakawan Tutik Andriyani didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Disarpus Kabupaten Lumajang Supiyati di Jl. Gatot Subroto No. 103 Karangsari Kabupaten Lumajang.

Ketua IKWI Jabar, Jiean Ajiyanpi Novalia melalui Wakil Ketua, Bidang Kesejahteraan dan Kesehatan IKWI Jabar Lelly Indrawati mengatakan,  bantuan yang tidak seberapa ini adalah wujud rasa empati dari Keluarga Besar IKWI Jabar untuk korban erupsi Gunung Semeru. 

“Semoga bantuan yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk membantu anak-anak di penampungan kembali ceria,” ujar Jiean.

Menurut Jiean, sebagai seorang ibu, pihaknya merasa terpanggil dengan penderitaan korban erupsi Semeru ini, terutama dampak psikologis dan traumatik yang dialami oleh anak-anak setelah mengalami musibah tersebut. 

Anak-anak harus diberikan dukungan psikososial untuk melupakan kejadian mencekam suara gumuruh saat awan panas guguran erupsi Gunung Semeru datang menyapu bersih rumah dan desanya hingga tertimbun vulkanik Semeru. 

“Semoga trauma healing ini bisa membantu memulihkan kondisi psikologis anak-anak,” ujarnya.

Atas dasar kondisi itulah, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jawa Barat sebagai organisasi/wadah berhimpunnya istri wartawan, wartawati, istri karyawan dan karyawati perusahaan pers merasa turut terpanggil dan menggalang donasi dari para pengurus dan anggotanya untuk membantu pengadaan sarana penunjang program trauma healing bagi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru,katanya mengakhiri.Sementara itu, Kabid Perpustakaan Disarpus Kabupaten Lumajang Supiyati mengucapkan terima kasih atas empati dari IKWI Jawa Barat yang jauh-jauh datang secara langsung memberikan bantuan kepada anak-anak korban erupsi Gunung Semeru.

Meletusnya Gunung Semeru di awal Desember yang lalu menimbulkan banyak korban luka dan meninggal dunia. Selain itu, akibat situasi darurat erupsi juga berdampak pada kondisi psikologis anak-anak.

Banyak anak-anak yang mengalami trauma berat. Anak-anak lebih banyak diam dan tidak mau makan, dikarenakan ada trauma yang mereka alami. Selain itu, ada anak yang harus kehilangan kedua orang tuanya. Hal ini membuat mereka masih merasa sedih dan memilih menyendiri,katanya.

Sementara itu, Relawan tim trauma healing Tutik Andriyani menyebutkan, bantuan dari  IKWI Jabar ini sangat tepat, karena masih kurang dan sangat dibutuhkan di sini. Kalau sembako, makanan dan obat-obatan sudah cukup banyak,” ujar Supiyati.


Bantuan ini nantinya digabungkan dengan yang lain akan didistribusikan ke 2 titik lokasi pengungsian, yaitu di Balai Desa Pasirian terdapat 487 pengungsi yang terdiri 9 bayi, 44 balita.


Kemudian, 106 anak usia sekolah, 289 orang dewasa dan 39 lansia serta di Dusun Gentengan Desa Condro dimana terdapat 192 pengungsi, terdiri dari 5 bayi, 19 balita, 40 anak usia sekolah, 111 orang dewasa dan 17 lansia, ujar Tutik. (Rel)

×
Berita Terbaru Update