.

AKD DPRD Provinsi Jabar Berubah, M Jaenudin Jabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan

Caption : Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat SH MH di dampingi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat sidang paripurna pembukaan Masa Sidang II Tahun 2021-2022 dan penetapan Alat Kelengkapn Dewan (AKD). 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-- Mengawali tahun 2022 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat gelar Rapat Paripurna yang di pimpin Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat SH MH dengan agenda pembukaan Masa Sidang II Tahun 2021-2022, Selasa (4/1/2022). 

Selanjutnya rapat paripurna dilanjutkan dengan agenda penetapan Alat Kelengkapn Dewan (AKD). Pembacaan anggota AKD disampaikan secara langsung oleh Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Ida Wahida Hidayati.Berdasarkan informasi yang di dapat anggota dari Fraksi PDIP,Gerindra dan PAN mengalami rotasi.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Surat Pimpinan DPRD Jabar No. 162.4/4054.DPRD/PRSD dan PUU/2021 tanggal 20 Desember dan Surat DPD PDI Perjuangan Jabar No.2166/IN/DPD-26/1/2022 tanggal 3 Januari 2022 tentang usulan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Komisi, Banmus, Banggar, Bapemperda dan Badan Kehormatan.

M Jaenudin didapuk sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan menggantikan Memo Hermawan.

Wakil Ketua dijabat R. Yunandar Rukhiadi Eka Perwira dan Sekretaris Bambang Mujiarto.

Sementara Nia Purnakania menjabat sebagai Wakil Sekretaris dan Asyanti Rozana Thalib sebagai Bendahara.

“Kami mendapat tugas lumayan berat dari partai dan ini betul-betul akan kami jalankan dengan baik. Saya kira tugas berat ini akan menjadi ringan apabila dilaksanakan bergotong-royong kemudian kolektif kolegial pimpinan dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Jabar,” kata Jaenudin kepada media usai rapat paripurna DPRD Jawa Barat.

Jaenudin mengatakan pihaknya akan melanjutkan program-program pimpinan fraksi yang terdahulu.

Terlebih, kepengurusan saat ini tidak berdiri sendiri tapi memiliki 2 dewan penasehat yakni Ineu Purwadewi Sundari yang juga Wakil Ketua DPRD serta Ketua Fraksi sebelumnya, Memo Hermawan.

Sementara untuk pimpinan Komisi dari F-PDIP adalah Bedi Budiman yang menjabat Ketua Komisi I dan Sekretaris Komisi II R. Yunandar Eka Perwira serta H. Memo Hermawan (Sekretaris) Komisi V.

“Tentunya nanti kita akan bermusyawarah dengan seluruh anggota fraksi apalagi kita memiliki sejumlah agenda untuk tahun 2022 diantaranya lahirnya Undang-undang tentang Badan Riset Nasional,” bebernya.

Jaenudin menegaskan F-PDIP akan mendorong Pemprov Jabar untuk bisa membumikan UU Badan Riset Nasional di Jabar untuk memotivasi seluruh sumber daya manusia yang ada di Jawa Barat.

Jaenudin menambahkan F-PDIP juga akan berkoordinasi dengan pimpinan fraksi partai lain untuk mendorong dan program yang pro kerakyatan terutama pasca pandemi ini.

“Meski sudah mereda tapi tahun 2022 ini pandemi covid-19 belum usai. Karena itulah koordinasi dengan fraksi partai lain maupun dengan eksekutif sangat diperlukan,”pungkas Jaenudin. 

Perlu di ketahui Ketua Badan Kehormatan (BK) yang sebelumnya di jabat H. M. Hasbullah Rahmad, S.Pd.,M.Hum dari Fraksi PAN di gantikan  Ir. H. Herry Dermawan

Anggota Fraksi Partai Gerindra Dra. Hj. Lina Ruslinawati menempati posisi sebagai Wakil Ketua II