.

Yana Mulyana : Optimisme Kota Bandung Sambut 2022 Lebih Cerah

Caption : Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Tahun 2021 sudah berakhir. Untuk sebagian orang, tahun 2021 memang terasa berat. Namun semua orang perlu terus melangkah dan menyongsong 2022 dengan penuh semangat.

Seperti kabar baik yang disampaikan Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di penghujung akhir tahun, Jumat 31 Desember 2021 kemarin.

Ia mengungkapkan, kini pandemi Covid-19 di Kota Bandung sudah terkendali.

“Konfirmasi kasus positif hingga angka ketersediaan rumah sakit (bed occupancy rate) di Kota Bandung kini sudah memasuki batas aman seperti rekomendasi WHO,” ungkapnya.

Yana menambahkan, faktor pendukung terkendalinya pandemi Covid-19 di Kota Bandung adalah vaksinasi.

Menurutnya, saat ini angka vaksinasi baik itu dosis pertama maupun kedua di Kota Bandung telah mencapai lebih dari 90 persen.

Yana optimis, pandemi Covid-19 di Bandung pada 2022 akan berubah menjadi endemi.

Meski demikian, Yana mengingatkan khususnya pada warga Kota Bandung untuk tetap memperketat protokol kesehatan.

Ia mencontohkan beberapa negara dengan tingkat pengendalian virus yang baik, namun masyarakatnya abai protokol kesehatan. Dampak buruknya ialah meningkatnya kembali penyebaran virus.

“Buat kami, cukup pandemi sampai gelombang kedua seperti kemarin saja. Naudzubillah, mengerikan sekali,” katanya.

Optimisme juga diutarakan lapisan masyarakat. Aldi misalnya. Pria yang membantu sang Ibu usaha jualan Nasi Padang di Jalan Prof. Dr. Sutami mengaku lebih optimis menyambut 2022.

Meskipun, ia mengakui 2020 hingga 2021 merupakan tahun yang berat bagi dirinya dan keluarga. Usaha kulinernya terguncang akibat pandemi. Pendapatan menurun, belum lagi kekhawatiran akan tertular virus.

“Optimis 2022 sudah membaik, usaha lancar, dan Indonesia bebas corona,” terangnya ditemui Humas Kota Bandung.

Hal senada disampaikan wargi bernama Diki. Pria paruh baya yang sehari-hari berprofesi sebagai supir ini mengaku 2021 sebagai tahun yang berat bagi dirinya, juga keluarga.

Namun, mengamati penurunan kasus aktif, penyebaran, serta pelonggaran di berbagai kegiatan sosial membuat Diki optimis 2022 menjadi awal yang baik untuk berkembang.

“Alhamdulillah, 2022 harus lebih oke. Harus lebih mantap,” ujarnya.

Sepertinya alam semesta mendukung optimisme warga Kota Bandung. Setidaknya, cuaca cerah di sebagian besar wilayah Kota Bandung pada Sabtu 1 Januari 2022 menggambarkan hal tersebut. Semoga. (Rie/Red)