.

Minat Ikut Ajang Lari? Simak Tips Jitu dari Maybank Marathon Anywhere Berikut ini!


JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,--Memperingati satu dekade atau 10 tahun penyelenggaraan Maybank Marathon, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia”) mengumumkan tanggal penyelenggaraan ajang lari Maybank Marathon yang akan dilangsungkan secara virtual, melalui Maybank Marathon Anywhere 2021, yaitu pada tanggal 11 – 12 Desember 2021 mendatang.

Pada tahun ini, seluruh peserta lari Maybank Marathon Anywhere 2021 dari seluruh kategori, wajib menuntaskan run challenge dalam satu periode waktu (single continuous run) yang dapat dilakukan pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 atau Minggu, 12 Desember 2021, dengan waktu pelaksanaan yang juga dapat ditentukan oleh pelari.

Menurut Widya Permana, Project Director Maybank Marathon, ajang Maybank Marathon Anywhere 2021 mencerminkan konsistensi penyediaan wadah untuk tetap berkompetisi di era pandemi ini. “Semangat ajang Maybank Marathon Anywhere 2021 tidak mengenal usia. Siapa pun dapat bergabung untuk merasakan pengalaman berpartisipasi dalam ajang marathon dan menjadikan pencapaian tersebut sebagai momentum perwujudan aspirasi diri. Maybank Marathon ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat pehobi olahraga lari untuk memenuhi kerinduan menghadapi run challenge.”

Ajang lari Maybank Marathon Anywhere 2021 akan digelar secara virtual, memperlombakan kategori 10K, 21K dan 42k, sehingga dapat diikuti oleh pelari domestik maupun internasional, dari berbagai lokasi. Registrasi peserta untuk mengikuti Maybank Marathon Anywhere 2021 telah dibuka sejak 16 November 2021, pukul 10.00 WIB melalui situs http://www.maybank.co.id/mma.

Setelah mendaftarkan diri dalam ajang marathon ini, tentu diperlukan berbagai persiapan fisik dan mental yang layak agar dapat mengikuti marathon dengan optimal. Berikut beberapa tips jitu dari para pakar bagi pemula dalam mempersiapkan diri menghadapi Maybank Marathon Anywhere, terutama untuk kategori 10K:

01. Pemeriksaan kesehatan sebelum berlari

Bagi pelari pemula, biasanya rata-rata membutuhkan waktu satu tahun hingga fisik siap untuk ikut lomba lari sepanjang 21 km hingga 42 km. Itulah sebabnya tersedia opsi yang lebih ringan, seperti 10k yang cocok bagi pehobi atau pemula. Sebelum memulai program latihan marathon, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan menjalani cek kesehatan. Jika telah dipastikan bahwa tidak ada kondisi medis khusus dan dokter memberikan lampu hijau, maka latihan persiapan untuk mengikuti Maybank Marathon Anywhere 2021 pun dapat dijalankan.

02. Disiplin

Tantangan dalam marathon bukanlah tantangan fisik belaka. Kadangkala pikiran dapat menjadi tantangan terbesar dan menjadi pematah motivasi yang mempengaruhi disiplin diri. Bagi pemula, persiapan marathon membutuhkan proses yang panjang dan matang. Salah satu kiat yang dapat dilakukan untuk konsisten disiplin latihan lari ataupun latihan strength dan mobility, termasuk disiplin mejaga kualitas nutrisi dan istirahat yang cukup, menjadi dasar kesuksesan dalam latihan lari.

03. Latihan ketahanan fisik



Manfaatkan momen latihan persiapan lari marathon dengan perencanaan yang baik dimana para peserta perlu mulai mengkombinasikan latihan lari dengan beragam olahraga berintensitas tinggi atau rendah seperti progression run, intervals, hill repeats, serta padu-padankan dengan cross training dengan berenang atau bersepeda, untuk meningkatkan edurance. Tidak lupa juga untuk terus memonitor heart rate pada setiap sesi latihan.

Karena ajang Maybank Marathon Anywhere 20221 merupakan ajang lari virtual, maka peserta pun wajib menghubungkan perangkat pencatat lari (tracking device) dengan aplikasi 99 Virtual Race agar aktivitas larinya dapat terekam guna penilaian di akhir periode challenge. Tracking device yang kompatibel dengan aplikasi 99 Virtual Race adalah Strava dan Garmin. Peserta dapat mengunduh aplikasi 99 Virtual Race melalui App Store dan Play Store.

Sebagai bagian dari peringatan 10 tahun Maybank Marathon, para peserta Maybank Marathon Anywhere 2021 yang menyelesaikan run challenge dan membeli merchandise berupa running jersey dan finisher medal edisi khusus 10 tahun Maybank Marathon, akan mendapatkan early access untuk registrasi Maybank Marathon 2022 yang akan datang di Bali. Untuk memastikan runners mendapatkan merchandise edisi khusus, segera daftarkan partisipasi pada ajang Maybank Marathon Anywhere 2021, mengingat terbatasnya jumlah merchandise.

Selain itu, untuk 10 pelari pria dan 10 pelari wanita yang berhasil menyelesaikan challenge dengan catatan waktu terbaik di kategori 10K, 21K dan 42K, akan mendapatkan slot lari dan akomodasi untuk berpartisipasi pada Maybank Marathon 2022 di Bali.

Menanggapi kembalinya Maybank Marathon Anywhere 2021, Patricia Henny, Co-Founder, IndoRunners Bali, mengajak komunitas lari dari seluruh Indonesia untuk bergabung, “Kegiatan atau ajang lari akhirnya dapat kembali dilakukan melalui Maybank Marathon Anywhere 2021. Olahraga lari pada dasarnya merupakan olahraga tunggal, dengan semangat perjuangan dan never give up. Oleh karena itu, kami sangat bersemangat menyambut hadirnya ajang ini. Kami pun mengajak komunitas pehobi lari hingga pelari senior untuk bergabung dan kembali merasakan pengalaman berlari di bawah bendera Maybank Marathon Anywhere!”

“Kami terus menghimbau kepada seluruh pelari untuk tetap mawas diri dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ketika mengikuti run challenge demi menjaga diri dari paparan Covid-19. Kami pun berharap penyelenggaraan Maybank Marathon Anywhere 2021 dapat menjadi motivator bagi masyarakat pehobi olahraga lari untuk terus menjalankan pola hidup sehat secara rutin dan aman,” tutup Widya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Maybank Marathon, kunjungi situs http://www.maybank.co.id/mma atau melalui kanal media sosial Instagram @maybankmarathon.**