.

Tingkatkan Kolaborasi, Lulusan Universitas Sangga Buana YPKP Terserap Dunia Kerja Hingga 70 Persen

Caption : Rektor USB YPKP Dr. H. Asep Effendi R. SE.,M.Si.PIA.CFrA.,CRBC (kiri) memperlihatkan nota kerjasama.(foto IST)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, -- Universitas Sangga Buana (USB) YPKP terus menjalin kerja sama dengan pelaku dunia kerja dalam implementasi bidang keilmuan.

Rektor USB YPKP Dr. H. Asep Effendi R. SE.,M.Si.PIA.CFrA.,CRBC mengatakan kolaborasi dengan mitra dunia usaha dan industri ini membekali mahasiswa dengan ilmu-ilmu sesuai bidang dan kebutuhan dunia kerja.

"Kita melihat ada variasi bidang ilmu dan kompetensi yang dibutuhkan. Selain tuntutan regulasi, kita menggarap ini semua agar terimplementasi penuh," jelasnya usai penandatangan kerja sama Direktorat Vokasi dengan mitra IDUKA di Kampus USB YPKP, Jl. Surapati No. 68, Bandung, Kamis (18/11/2021).

Lebih spesifik, Asep Effendi menjelaskan kali ini dilakukan kerja sama dengan KJA PT Asa Bersama Akalima, HIPMI Kota Bandung, KSP Kopdit Rahastra, Kantor Akuntan Publik, beberapa SMK dan perusahaan di Bandung dalam bentuk sharing antara dunia usaha dengan pendidikan dalam pembelajaran.

"Bukan tidak mungkin para mitra juga mengajar di Universitas Sangga Buana untuk menyampaikan ilmu-ilmu praktis yang mereka sudah dapat di dunia kerja, disharing kepada anak-anak kita (mahasiswa) yang akan lulus," imbuhnya.

Disinggung mengenai serapan tenaga kerja, Rektor USB YPKP menyebutkan sebanyak 70 persen sudah terserap di dunia kerja dan usaha.

"Desember nanti kita akan meluluskan 560 wisudawan. Dan sekira 60-70 persen sudah terserap di dunia kerja," tandasnya.

Dikesempatan yang sama, perwakilan KJA PT Asa Bersama Akalima, Dr. Safrizal Ikhram  menyambut baik kolaborasi dengan USB YPKP.

Sebagai kantor jasa akuntan, Safrizal mengatakan, pihaknya akan memberikan dua kombinasi,  pelatihan bersifat aplikatif dan magang.

"Untuk pelatihan kita akan mencoba memberikan gambaran bagaimana implementasi mata kuliah yang mereka dapat ke dunia praktis," jelas Safrizal yang ahli di bidang Akutansi Management.

"Kami juga akan melibatkan mahasiswa program studi akutansi dalam kegiatan-kegiatan bersifat projek," ungkapnya. (**)