.

Aleg DPRD Jabar Perlu Koordinasi dan Komunikasi dengan BBWS Citarum

Caption : Drs.H.Daddy Rohanady,Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat.(foto IST)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- BPBD Jawa Barat sudah memberi peringatan dini ke Pemerintah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi,Kabupaten Bandung Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok yang wilayahnya rawan menghadapi bencana hidrometeorologi saat curah hujan tinggi.

Politisi senior partai Gerindra ini menyatakan fenomena alam yang tidak menentu saat ini memiliki dampak  bencana hidrometeorologi yang terjadi di beberapa lokasi,ungkap Daro sapaan akrab Daddy Rohanady.

Hujan deras beberapa hari terakhir yang hampir merata di seluruh daerah di Jawa Barat, membuat Tanggul Sungai Cisunggalah yang berada di Kp. Babakan Sabagi, Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk jebol dan merusak 10 rumah tinggal masyarakat sekitar. 

Menyikapi hal tersebut Drs.H.Daddy Rohanady,Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat saat di minta tanggapannya melalui telepon seluler  Sabtu,13 November 2021 mengatakan,kejadian tanggul jebol di Desa Tersebut terjadi setiap tahun saat musim hujan, oleh karena itu pihaknya mendorong pihak terkait dan mengajak masyarakat agar melakukan penghijauan di area pegunungan untuk menyerap air serta mengeruk dasar sungai agar tidak terjadi pendangkalan.

Daddy Anggota Legislatif (Aleg) dari Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat menambahkan,menginggat ini terjadi setiap tahun ketika musim hujan,tentunya ada persoalan yang harus diselesaikan, pertama bagaimana kita melaksanakan penghijauan di gunung-gunung yang sebagai penyerapan air, yang kedua harus dilakukan pengerukan sehingga tidak menjadi penumpukan air,"tutur legislator partai berlambang burung garuda ini.

Lebih lanjut dikatakan Wakil Ketua Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat.Selain itu,pihaknya juga membantu dengan cara koordinasi dan komunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk menanggulangi persoalan sungai di Jabar khususnya di Desa Cisunggalah,jelas Daddy.

Ditambahkan aleg komisi IV yang membidang Pembangunan, meliputi: Pekerjaan Umum (Kebinamargaan, Pengairan, Tata Ruang dan Pemukiman) ini."Kita (dprd-red) juga harus ada koordinasi dan komunikasi, jadi kan kalo berbicara sungai itu ada kewenangan BBWS, jadi kita akan mengawal dengan koordinasi dengan BBWS untuk sungai desa Cisunggalah agar tidak terjadi lagi banjir dan tanggul jebol,"pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar XIII  meliputi Kabupaten Cirebon,Kota Cirebon dan Indramayu ini.(Rie/Adpar)