.

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

Caption : Presiden Joko Widodo meresmikan PLBN Sota, Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada Ahad, 3 Oktober 2021. Foto: BPMI Setpres

MERAUKE.LENTERAJABAR.COM
,-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke, Papua.

PLBN Sota merupakan yang kedua dibangun di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini. Sebelumnya terdapat PLBN Skouw di Jayapura, Papua.

Jokowi mengatakan kehadiran PLBN Sota akan meningkatkan keamanan di perbatasan negara. Selain itu, PLBN Sota juga diharapkan dapat berdampak pada masyarakat secara ekonomi.

"Mendorong pertumbuhan sentra-sentra perkonomian baru dan membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia," ujar Jokowi saat meresmikan PLBN Sota, Ahad (3/10/2021).

PLBN Sota dengan luas 5,6 hektare dan nilai investasi sebesar Rp114,04 miliar juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat.

PLBN Sota disebut Jokowi telah terbangun dengan sistem terintegrasi dan memiliki fasilitas lengkap.

"Saya berharap PLBN Sota memberi pelayanan yang lebih baik dan nyaman pada masyarakat Indonesia yang melintas perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan pembangunan PLBN menjadi salah satu fokus pemerintah sejak periode pertama pemerintahannya. Sejak tujuh tahun terakhir telah dibangun 8 PLBN di seluruh wilayah Indonesia.

PLBN dinilai menjadi perwakilan wajah Indonesia. Sehingga menjadi cerminan komitmen pemerintah membangun Indonesia dari perbatasan.

Turut hadir dalam peresmian tersebut yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, dan Bupati Asmat Elisa Kambu.(Red/Rie)