Notification

×

Iklan

Iklan

TNI AU dan US PACAF Gelar Bomber Exercise di Atas Laut Sulawesi

Kamis, 02 September 2021 | 11:10 WIB Last Updated 2021-09-02T04:10:01Z

Caption : TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) melaksanakan latihan bersama yang bertajuk “Bomber Exercise” di atas Laut Sulawesi

MAKASAR.LENTERAJABAR.COM
,--TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) melaksanakan latihan bersama yang bertajuk “Bomber Exercise” di atas Laut Sulawesi, Rabu (1/9/2021). 

Latihan ini melibatkan sejumlah alutsista pesawat kedua angkatan udara, baik pesawat pembom (bomber), pesawat tempur dan juga pesawat intai.

TNI AU menerbangkan dua pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3  Lanud Iswahjudi, Madiun dan satu pesawat Boeing 737 Intai  dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. 

Sementara US PACAF melibatkan dua pesawat pembom jenis B-52 dari 2nd Bomb Wing dari Barksdale Air Force Base, Louisiana, Amerika Serikat.



Penerbangan ini merupakan penerbangan integrasi pertama dalam sejarah yang melibatkan pesawat pembom milik Amerika Serikat dan pesawat milik TNI AU tersebut. 

Bomber Exercise ini diselenggarakan melalui dua skenario latihan, yaitu Command and Control (C2) oleh Kosekhanudnas II Makassar dengan melibatkan Satuan Radar 225 Tarakan, 224 Kwandang, serta pelaksanaan latihan Escort oleh 2 pesawat F-16.

Latihan bersama, yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun ini, Selain bertujuan mempererat hubungan kerjasama antara TNI AU dengan US PACAF, juga untuk saling bertukar pengalaman dan kemampuan dalam melaksanakan sejumlah misi operasi udara.(Red/Ril)

×
Berita Terbaru Update