.

Menkue Berikan Eduksi Kepada Pelajar Tentang Pengelolaan Keuangan Via Olimpiade APBN

Caption : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Olimpiade APBN 2021 secara daring (foto:Tangkapan layar zoom kemenkeu RI)


JAKARTA.LENTERAJABAR.COM,-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pentingnya peran generasi muda bagi negara Indonesia. Para generasi muda diharapkan mampu berkontribusi secara aktif dalam pembangunan negara. Maka, mereka harus mengenal dan memahami suatu instrument dasar dalam pengelolaan keuangan negara yaitu APBN. Hal ini Menkeu katakan saat memberikan sambutan pada Pembukaan Olimpiade APBN 2021, yang dilakukan secara daring.

“Olimpiade APBN tahun 2021 yang merupakan ajang tahunan Kementerian Keuangan bertujuan untuk generasi muda untuk bisa memahami mengenai sebuah instrumen yang sangat penting yaitu yang disebut keuangan negara,” jelas Menkeu Sri Mulyanai di kutip lenterajabar.com dari laman resmi Kemenkeu RI Senin (13/9/2021).

Menkeu mengapresiasi berbagai macam inovasi baru untuk bisa meningkatkan pemahaman dan ketertarikan generasi muda terhadap APBN. Menurut Menkeu, dengan para generasi yang berpartisipasi dalam ajang ini bisa semakin mampu mendalami dan memahami keuangan negara, maka mereka bisa menjadi duta yang mampu menjelaskan kepada temannya, dan saudaranya, dan masyarakat melalui berbagai media yang mereka miliki. Sehingga Menkeu berharap pemahaman mengenai pengelolaan keuangan negara oleh masyarakat akan semakin baik.

“Hari ini kita terus melakukan upaya mengenalkan pengelolaan keuangan negara melalui ajang Olimpiade APBN. Karena kami di Kementerian Keuangan meyakini bahwa semakin rakyat memahami APBN maka semakin rakyat akan bisa ikut menjaganya bersama, dan semakin rakyat mampu memiliki daya kendali terhadap cita-cita dan tujuan yang mau diraih. Kenapa? Karena APBN adalah sebuah platform yang menggambarkan hubungan kewajiban dan hak yang begitu sangat nyata,” terang Menkeu.

Sebagai informasi, Olimpiade APBN Tahun 2021 ini dilaksanakan dalam empat cabang, yaitu lomba debat APBN untuk mahasiswa D3/DIV/S1/sederajat, lomba cerdas cermat untuk siswa SMA/SMK/MA/sederajat, lomba konten video/tiktok APBN untuk siswa SMP/MTs/sederajat, dan lomba mengajar APBN untuk Guru SMA/SMK/MA/sederajat.

Pada tahun ini, Olimpiade APBN mengusung tema “Muda Membangun Bangsa”. Ajang ini diharapkan dapat menjadi salah satu forum generasi muda dan pengajar untuk membuktikan diri, sekaligus belajar bagaimana APBN dikelola dalam rangka menjalankan roda ekonomi Indonesia. Di masa extraordinary ini, Olimpiade APBN 2021 tetap dilaksanakan agar para generasi muda serta pengajar dapat ikut memahami peran APBN dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat hingga menjaga perputaran ekonomi Indonesia, tidak hanya saat ini tetapi hingga sampai di masa mendatang.**