Notification

×

Iklan

Iklan

Daddy Rohanady: Cirebon Girang Kandidat Desa Wisata Jabar

Selasa, 10 Agustus 2021 | 07:56 WIB Last Updated 2021-08-10T00:56:49Z

Caption : Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady (tengah) saat reses di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. 

CIREBON.LENTERAJABAR.COM
,--Cirebon merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan wisata religi.  Di sana banyak tempat yang kerap dikunjungi wisatawan, misalnya Patilasan Sunan Gunung Djati, Makam Sunan Gunung Djati dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.  

Ternyata, masih banyak tempat wisata religi lainnya yang juga "layak jual", semisal makam Keramat Talun Pangeran Cakrabuana Mbah Kuwu Sangkan. Makam tersebut terdapat di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. 

"Cirebon Girang layak menjadi kandidat Desa Wisata di Kabupaten Cirebon," ujar Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady melalui telefon genggamnya di sela-sela resesnya pada Senin (09/08/2021). Hal itu berkaitan dengan banyaknya pengunjung dari berbagai daerah yang melakukan wisata religi ke makam tersebut. 

Obyek wisata religi ini berlokasi di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Cirebon. Tempat ini dianggap sebagai situs berdirinya Cirebon dan Babad Penyebaran Islam di Cirebon.  

Mbah Kuwu Sangkan sering disebut sebagai penyebar Islam di Tanah Cirebon. Selain itu, Mbah Kuwu Sangkan dianggap sebagai raja pertama Cirebon. Beliau merupakan pewaris mahkota Prabu Siliwangi. Kemudian beliau datang dan menaklukkan Cirebon. 

Berkaitan dengan penyusunan perda di Provinsi Jawa Barat, tepat rasanya jika Desa Cirebon Girang dijadikan sebagai salah satu kandidat utama untuk menjadi desa wisata yang dimasukkan dalam perda tersebut. Raperda tentang desa wisata memang sedang dibahas di DPRD Provinsi Jabar. 

Daddy menyatakan bahwa usulan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kuwu Cirebon Girang. Selain itu, Daddy juga bertemu dengan tokoh masyarakat dan anggota DPRD Kabupaten Cirebon. 

"Selain itu, mereka meminta bantuan Pemprov untuk penataan tempat parkir dan perbaikan jalan menuju lokasi makam yang masih kurang mantap," ujar anggota DPRD dari daerah pemilihan Cirebon-Indramayu tersebut. 

Masih menurut Daddy, selain masalah desa wisata, ada beberapa aspirasi masyarakat yang disampaikan. Masyarakat juga meminta penyediaan ambulance untuk mengantar jenazah karena banyaknya warga yang meninggal dan harus diantar ke tempat jauh. Kebutuhan itu menjadi begitu menguat karena masyarakat tak kuat membayar biaya sewa ambulance akibat pandemi yang berkepanjangan. Padahal load ambulance di rumah sakit juga tidak kurang padatnya. 

Usulan lainnya berkaitan dengan perbaikan jalan kabupaten, yakni Jalan Ir. Soekarno. Selain itu, ada beberapa ruas jalan desa yang rusak dan butuh bantuan perbaikan. Usulan lainnya berkaitan dengan bantuan perbaikan rutilahu yang jumlahnya masih cukup banyak. Ada pula permintaan sambungan listrik gratis dan bantuan penerangan jalan umum (PJU) di beberapa lokasi. 

"Pak Kades menyampaikan juga bahwa sedimentasi  embung Sarwadadi sudah cukup mengkhawatirkan. Itu butuh penanganan serius. Ini berkaitan dengan ketersediaan air untuk sawah-sawah masyarakat. Semoga pandemi cepat berakhir sehingga pekerjaan infrastruktur vital tidak lagi terkena refocusing," pungkas Daddy.(Ari/Red)

×
Berita Terbaru Update