.

Legislator Minta Sosialisasi Program Kredit Mesra Lebih Masif

Caption : Hj.Sumiyati,S.Pd.i. M.I,Pol Anggota komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Program kredit masyarakat ekonomi sejahtera atau disebut kredit mesra telah di gulirkan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat sejak tahun 2018.

Keberadaan Program itu, dinilai sebagai program bagus karena bertujuan untuk memperkuat ekonomi masyarakat yang berbasis keumatan.

Dengan program tersebut di harapkan kesejahteraan umat akan meningkat. tutur  Hj.Sumiyati,S.Pd.i. M.I,Pol Anggota komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat membidangi keuangan ini saat diminta tanggapannya melalui telepon selulernya Kamis 3 Juni 2021.

Lebih lanjut dikatakan legislator partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini namun, dari realisasinya dinilai kurang maksimal karena masih banyak masyarakat yang belum tahu perihal adanya program kredit mesra

Dengan ketidaktahuan itu, banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan kredit untuk modal usaha , tetapi tidak memanfaatkan kredit mesra.

Menurutnya dari laporan yang diterima, kredit Mesra dialokasikan di semua Kabupaten/Kota di Jabar dengan plafon sebesar Rp. 1 miliar per Kabupaten/Kota.

Adapun pelaksana yang ditunjuk untuk menyalurkan kredit mesra yaitu bank BJB.Sementara untuk sasaran salah satunya majelis ta'lim.

Dari pemantauan di lapangan, saat reses tutur bunda Sum banyak anggota Majelis ta'lim yang tidak tahu adanya program kredit mesra.

Dari temuan ini, disimpulkan "sosialisasi program masih lemah".Untuk perbaikan, bank BJB dipandang perlu masif melakukan sosialisasi dengan sasaran para DKM.

Selanjutnya melalui Anggota DKM inilah, masyarakat diberikan informasi perihal program kredit mesra.

Untuk memaksimalkan penyerapan program kredit mesra, perlu juga dilibatkan bank BJB Syariah.Hal itu, salah satunya didasarkan atas pertimbangan salah satu sasaran dari program ini adalah masyarakat dari komunitas majelis ta'lim.

Ditambahkan wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar VIII meliputi Kota Bekasi dan Depok ini,Jika bank BJB Syariah dilibatkan, diharapkan dapat meningkatkan peran serta BUMD dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi terutama penguatan peran UMKM.

Program kredit mesra, perlu terus dilanjutkan agar kesejahteraan umat kian meningkat,pungkas srikandi partai berlambang banteng moncong putih ini.(Rie/Adikarya)