Notification

×

Iklan

Iklan

BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem di Wilayah Bandung Raya

Selasa, 20 April 2021 | 20:55 WIB Last Updated 2021-04-20T13:55:52Z

Caption : Cuaca Ekstrem (foto bmkg)

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat meski beberapa waktu terakhir hujan masih turun, sebagian wilayah di Jawa Barat, sudah memasuki musim kemarau.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung Rasmid mengatakan,"Wilayah Jawa Barat bervariasi, 14 persen sudah masuk kemarau terutama di Pantura seperti di Karawang, Subang sudah kemarau,"ungkapnya di Balai Kota Bandung jalan Wastukencana no 2 kota Bandung, Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, secara keseluruhan wilayah Jabar akan masuk musim kemarau pada Bulan Juni mendatang,di Bulan April peralihan di hujan ke kemarau, masa pancaroba ini sekitar Bulan April sampai Mei,tuturnya.

Rasmid menyebut, di masa pancaroba terjadi cuaca ekstrem seperti yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Bandung Raya dan sekitarnya.

"Fenomena apa saja, biasanya hujan deras dengan durasi yang singkat, sering muncul angin kencang atau puting beliung, sering ada kilat petir dan hujan es," ujarnya.

Sementara itu, untuk puncak musim kemarau Rasmid menyebut, akan terjadi pada Bulan Agustus mendatang di Jawa Barat.

"Puncak terjadi di bulan Agustus, ada kondisi normal (kekeringan) dan ada di bawah normal, lebih ekstrem dan kering," ujarnya.

Kekeringan di bawah normal itu, diperkirakan akan terjadi di Bandung dan sekitarnya.

"Ada yang kekeringan nya di bawah normal seperti Bandung, Kabupaten Bandung, Purwakarta, Subang, Ciamis, Sukabumi, Cianjur, itu wilayah di Jawa Barat yang di bawah normal," paparnya.

Akibat kekeringan di bawah normal, cuma panas secara ekstrem bakal terjadi dan berpotensi menimbulkan kebakaran lahan atau pemukiman.

"Sehingga eksteimnya bisa menimbulkan kebakaran lahan, atau kebakaran di pemukiman padat penduduk," pungkasnya.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update