.

bank bjb Perluas Kerjasama dengan DMI Wilayah Jabar


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 H, bank bjb menjalin silaturahmi sekaligus memperluas kerjasama dengan para pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Jawa Barat (Jabar) dan pengurus daerah DMI kabupaten/kota se-Jabar. Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk sosialisasi aplikasi bjb MESRA mobile dan launching layanan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) untuk sejumlah program masjid.

Kerjasama secara simbolis dilangsungkan di Aula DMI Jabar, Jalan Soekarno-Hatta nomor 458 Kota Bandung, Sabtu (10/4/2021). Acara dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua DMI Jabar KH. Ahmad Syidiq Bersama para pengurus Daerah DMI se-Jabar, Kepala OJK Regional 2 Jabar Indarto, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Kusmana Hartadji. Sementara dari pihak internal bank bjb turut hadir Direktur Komersial dan UMKM Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi serta Executive Business Officer Yogi Yogiswara.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong upaya penerapan teknologi transaksi pembayaran non-tunai (cashless) di seluruh lini kehidupan masyarakat, tak terkecuali di rumah ibadah. Salah satunya melalui penyediaan layanan transaksi digital via QRIS untuk program yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah.

Tak sampai di situ, sebagai agen pembangun ekonomi daerah, bank bjb juga berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyaluran kredit yang dapat diakses lewat rumah ibadah. Hal ini juga sejalan dengan visi DMI yang berupaya mewujudkan fungsi masjid tak hanya sebagai pusat ibadah, melainkan juga pusat pengembangan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi.

Upaya tersebut diwujudkan lewat penyaluran Kredit MESRA kepada masyarakat di sekitar rumah ibadah di 27 kota dan kabupaten se-Jabar. Hingga saat ini, bank bjb telah berhasil menyalurkan Kredit MESRA sebesar Rp. 17.488.500.000 (tujuh belas milyar empat ratus delapan puluh delapan juta lima ratus ribu rupiah). Jumlah tersebut diterima oleh sebanyak 4.925 debitur atau 717 kelompok yang tersebar di 181 kecamatan dan 491 desa di seluruh Jabar.

Direktur Komersial dan UMKM Nancy Adistyasari mengatakan, upaya bank bjb untuk menyejahterakan masyarakat akan senantiasa terus diwujudkan di tahun-tahun selanjutnya. Untuk 2021, bank bjb berencana mengakselerasi penyaluran Kredit MESRA bekerjasama dengan Dinas KUK dan DMI wilayah Jabar.

“Kredit MESRA tahun ini akan disalurkan di berbagai wilayah di Jabar, menyasar 9 kota dan 19 kabupaten. Total terdapat 626 kecamatan, 5.312 desa, 577 kelurahan dan total 81.194 rumah ibadah di Jabar yang akan menjadi penerima manfaat Kredit MESRA di 2021,” ungkap Nancy.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Pengurus Daerah DMI Kabupaten Bogor mendapat apresiasi terkait upayanya dalam menyejahterakan masyarakat masjid. PD DMI Kabupaten Bogor didaulat sebagai Kabupaten Penyalur Kredit Mesra Terbaik.

Diharapkan, kegiatan silaturahmi antara bank bjb, DMI wilayah Jabar dan Gubernur Jabar hari ini menjadi titik tolak berkembangnya implementasi teknologi transaksi digital di kalangan masyarakat masjid di Jabar. Sehingga, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terakselerasi dengan lebih maksimal. *