.

Prestasi Membanggakan ... !!! Pemdaprov Jabar Terbaik Pertama Penilaian Kinerja ASN se-Indonesia

Caption: Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat menerima penghargaan peringkat pertama atas Capaian Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Awards 2020 di Gedung Sate Bandung.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,–Pemdaprov Jabar menerima penghargaan peringkat pertama atas Capaian Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Awards 2020.

Selain itu, Pemdaprov Jabar juga menempati peringkat ketiga atas capaian dalam Perencanaan Kebutuhan, Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun. Kemudian, BKN Kantor Regional III Bandung Wilayah Kerja Jabar dan Banten juga dinobatkan sebagai peringkat pertama kategori Implementasi Penilaian Kinerja Tahun 2020.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja, di Gedung Sate Bandung, Jumat (12/3/2021).

Setiawan mengungkapkan, penghargaan dari BKN ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan upaya mewujudkan visi misi Jabar Juara Lahit Batin melalui peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di lingkungan kerja Pemdaprov Jabar.

“Saya pikir ini sebuah anugerah yang sangat bermakna bagi kami, karena selama ini memang salah satu cita-cita atau visi misi Jawa Barat adalah Jabar Juara, yang salah satunya adalah terkait SDM harus juara juga,” ujar Setiawan.

“Dan kami tidak sia-sia yang telah bekerja untuk terus bergiat terkait dengan peningkatan kapasitas SDM dan dianugerahi oleh BKN,” sambungnya.

Setiawan mengatakan, Pemdaprov Jabar akan terus meningkatkan implementasi sistem merit yang menjadi catatan dari BKN. Meski demikian, penerapan sistem merit Pemdaprov Jabar sudah menjadi yang terbaik se-nasional versi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal ini, kata Setiawan, menjadi standar Pemdaprov Jabar dalam mengimplementasikan promosi dan rotasi ASN yang sudah mulai diterapkan pada proses promosi rotasi sebelumnya.

“Penilaian merit sistem ini ada sembilan faktor, dan kesembilannya itu harus berpadu dalam satu perencanaan yang sangat baik. Jabar menjadi peringkat pertama dengan skor 375,5 dan di tahun 2020 ini kami tertinggi se-nasional,” tutur Setiawan.

“Tentu saja ini juga membuktikan bahwa salah satu poin tinggi bagi Jabar adalah karena kami mengimplementasikan dari kebijakan bagaimana sistem promosi rotasi ini dikaitkan dengan merit sistem yang telah dibangun, dan ini sudah ada standar secara nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf mengapresiasi prestasi Jabar ini. Menurutnya, capaian Jabar terkait penilaian kinerja ini perlu dijadikan contoh bagi instansi-instansi lainnya, tak terkecuali instansi setingkat pemerintah pusat.

“Kami dari BKN tentu mengapresiasi prestasi dari Provinsi Jabar yang luar biasa, sudah peringkat pertama di level nasional untuk yang majanemen kinerja atau penilaian kinerja, ini saya kira perlu menjadi contoh bagi semua instansi yang lain, bahkan termasuk yang (setingkat) pemerintah pusat,” katanya Supranawa.

Supranawa berpesan Pemdaprov Jabar terus meningkatkan kolaborasi dengan BKN dalam mendongkrak penerapan kinerja yang lebih baik di instansi dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

“Saya juga mengajak supaya Pemprov Jabar bersama-sama BKN bisa membantu instansi lain, termasuk daerah lain yang perlu kita dorong supaya penerapan merit sistem ini menjadi lebih baik, manajemen kepegawaiannya juga menjadi lebih bagus,” tutupnya. (Rie/Red)