Notification

×

Iklan

Iklan

Jabar Terus Genjot Vaksinasi, Apresiasi Langkah XL Sediakan Sentra Vaksin

Selasa, 23 Maret 2021 | 20:53 WIB Last Updated 2021-03-23T13:53:33Z

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima perwakilan PT XL Axiata di Gedung Pakuan, Jalan Otista no 1 Kota Bandung.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM, — Pemda Provinsi Jawa Barat terus menggenjot percepatan vaksinasi untuk mencapai target kekebalan kelompok sebelum mutasi virus bermunculan lebih banyak lagi serta masa kedaluwarsa vaksin jatuh tempo.

Untuk itu, Pemda Provinsi Jabar berkolaborasi dengan kalangan swasta termasuk salah satunya dengan operator telekomunikasi PT XL Axiata.     

Sudah sejak Senin (22/3/2021) XL menggelar vaksinasi massal dengan metode drive thru di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kota Depok. Dalam kampanye bertema ‘Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit’, target penyuntikan 500 orang per hari dan akan berlansung hingga April.

“Kita ini berpacu dengan waktu. Apabila kita telat (vaksinasi), teori herd immunity tidak akan tercapai,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima perwakilan PT XL Axiata di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (23/2/2021).
 
Menurut Gubernur, Jabar memiliki tantangan terbesar dalam meyukseskan vaksinasi mengingat jumlah penduduknya paling banyak di Indonesia dengan medan alam sampai ke wilayah pedalaman yang beragam.

“Urusan statistik Jawa Barat itu paling repot karena penduduknya 50 juta. Provinsi yang paling menantang untuk penyuntikan vaksin,” sebut Ridwan Kamil.

Gubernur berprinsip jika sentra vaksinasi diperbanyak dengan kerja sama pemda dan swasta, maka hasilnya akan signifikan pada tujuan semula.

“Kesimpulannya herd immuntiy bakal tercapai dengan sentra vaksinasi massal, dan yang menyelenggarakan tidak hanya pemerintah tapi semua pihak harus turun atas nama bela negara. Terima kasih XL Axiata yang sudah berjuang,” ungkapnya.

Percepatan melalui sentra vaksinasi in baru dimulai pada tahap kedua dengan target pelayan publik dan lansia. Gubernur berharap pada Agustus 2021 akan ada hasil menggembirakan, begitu memasuki vaksinasi tahap ketiga untuk masyarakat umum Juni nanti.  

“Durasinya (vaksinasi massal) kalau bisa terus sampai proklamasi kemerdekaan terhadap COVID-19,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur mengimbau, di era pandemi ini perusahaan swasta mengubah strategi dana CSR lebih banyak dimanfaatkan untuk mendukung vaksinasi.

“Saran saya CSR tahunannya habiskan untuk dijadikan biaya vaksinasi massal karena keuntungannya investasi. Ekonomi pun akan terbantu,” ujar Ridwan Kamil.

Gubernur mengapresiasi metode pendaftaran XL yakni pendaftaran dan wawancara pasien dilakukan via telepon. “Ini merupakan best practice, pendaftaran wawancara via telpon saja. Jadi tidak ada proses konvensional,” ucapnya.

“Jadi yang gampang ini sudah diskrining  sebelum di vaksin. Itu kalau PT XL-nya percaya diri silakan, karena bisa mengurangi risiko tidak tersuntik salah di lapangannya,” tambahnya.

Setelah di RS UI, XL juga aka gelar sentra vaksinasi pada April - Mei berkolaborasi dengan President University di Bekasi. Kemudian, pada periode yang bersamaan akan dilakukan juga vaksinasi masal kerja sama antara ITB dan PT XL Axiata.

Saat ini kapasitas vaksinasi Jabar sudah meningkat dari asalnya hanya 22.000 per hari menjadi 50.000 per hari.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update