.

Disparbud Terima Rekomendasi 32 Usulan Penetapan WBTb Jabar Tahun 2021

Caption : Bucky Wibawa,Ketua Tim Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Jawa Barat saat menyerahkan rekomendasi usulan penetapan WBTb Jawa Barat tahun 2021 kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--
Ketua Tim Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Jawa Barat Bucky Wibawa,  menyerahkan rekomendasi usulan penetapan WBTb Jawa Barat tahun 2021 kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tahun 2021 ini ada 32 karya budaya Jawa Barat yang diserahterimakan Tim WBTb kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Sabtu (20 /2/ 2021 ).

Tahun 2020, ada 32 produk budaya atau usulan WBTb Jawa Barat yang ditetapkan sebagai WBTb Jawa Barat.

Pada tahun ini 32 WBTb yang diusulkan ke pemerintah untuk ditetapkan menjadi WBTb, tutur budayawan yang juga Anggota DPRD Jabar ini. "Harapan kita bisa diterima oleh pemerintah pusat dan ditetapkan menjadi WBTb nasional oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Bucky.

Menurutnya,WBTb menjadi dasar jika Pemprov Jabar memiliki dokumentasi dan pengakuan produk – produk budaya di Jabar selain seni. Ini akan menjadi dasar agar bisa dikembangkan, dipromosikan, dilestarikan dan kemudian dimanfaatkan,ujar Bucky .

Lebih lanjut dikatakannya hal ini sesuai dengan Undang - Undang no 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, bahwa produk budaya bisa dikembangkan hingga dimanfaatkan sehingga para seniman bisa berkehidupan lebih baik dan bisa diterima oleh masyarakat di era sekarang,jelasnya.

32 produk budaya yang direkomendasikan untuk diusulkan ke pemerintah pusat ini merupakan hasil verifikasi. Dimana sebelumnya tim WBTb Jawa Barat menerima usulan produk budaya dari kabupaten kota untuk ditetapkan jadi WBTb Jawa Barat,terang dosen seni musik ini.

Ditambahkan pria menyandang gelar doktor ini,pihaknya bekerjasama dengan kabupaten kota yang telah mengirimkan produk budaya unggulannya untuk dilakukan verifikasi dan kajian secara akademik. Jika ada yang kurang lengkap dokumentasinya, kami minta untuk dilengkapi sehingga layak untuk diusulkan ke pemerintah dan ditetapkan sebagaiWBTb, papar politisi partai Gerindra ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik menyebutkan pihaknya menerima 32 produk budaya yang diserahterimakan dari tim WBTb Jawa Barat yang sudah dikurasi untuk diusukan menjadi WBTb nasional.

"Alhamdulillah, 32 produk budaya yang direkomendasikan diusulkan ini bisa mewakili setiap kabupaten kota di Jawa Barat," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pemanfaatan dan promosi terhadap WBTb (produk budaya) yang telah ditetapkan menjadi WBTb nasional.

Menurutnya namanya warisan budaya harus diangkat dan diperkernalkan kepada masyarakat dan bisa dimanfaatkan untuk kemajuan kebudayaan itu sendiri,tutur Dedi seraya menambahkan, kedepan akan dilakukan sertifikasi terhadap produk budaya yang telah ditetapkan menjadi WBTb.

Pengusulan ini merupakan cikal bakal serifikasi terhadap produk budaya (WBTb) agar memiliki kekuatan dan dilindungi pemerintah.

"Intinya pemerintah akan terus berkolaborasi dengan komunitas dan swasta untuk mengangkat dan memperkenalkan WBTb hingga memanfaatkanya, sehingga bisa mengangkat indeks kebudayaan Jawa Barat jauh lebih baik," pungkas mantan Kadishub Jabar ini.(Red/Btg)