.

Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M.IPol : Membangun Nilai Kebangsaan dan Konstitusi Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

  

Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M.IPol Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jabar saat
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Cafe poelang Kampoeng Jl. Margonda Raya No. 32 Kel. Depok Kec. Pancoranmas Kota Depok

DEPOK.LENTERAJABAR.COM,--Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M.IPol  dari Daerah Pemilihan Jabar VIII meliputi Kota Depok dan Bekasi melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Cafe poelang Kampoeng Jl. Margonda Raya No. 32 Kel. Depok Kec. Pancoranmas Kota Depok,Selasa 1 Desember 2020.

Bunda Sum sapaan akrab legislator partai berlambang banteng moncong putih ini biasa di sapa rekannya, menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan ini yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat khususnya kaum milenial.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), papar lulusan magister ilmu politik dari Univesitas Padjadjaran (UNPAD) ini  dihadapan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan

Dikatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang . Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.


Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, tutur , Hj.Sumiyati,S.Pd.I.M.IPol  yang duduk di Komisi III DPRD Jabar ini.


Sekedar info kegiatan sosialisasi  Empat Pilar Kebangsaan, sudah cukup lama dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI dan MPR RI termasuk juga DPD.  Namun, bagi DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota baru sekarang dilaksanakan.

Ditambahkan Sum menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini  kepada  semua lapisan masyarakat, agar semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi tetap terjaga dan terwariskan  bagi masyarakat Depok untuk memahami dan mewujudkan tegaknya 4 pilar kebangsaan ini.

Pada kesempatan itu Bunda Sum juga mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan 3M +1T ( Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) + Tidak berkerumun. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan memutus mata rantai virus covid-19,tegas ibu ibu dari tiga orang putra ini yaitu Gilang Esa Mohamad, Gandhi Dwiki Mohamad dan Guruh Tri Putra Mohamad.(Adikarya Parlemen/Red)