Notification

×

Iklan

Iklan

Jabar Raih Penghargaan Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 08 Oktober 2020 | 15:11 WIB Last Updated 2020-10-08T08:11:28Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,
- Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendapat penghargaan kategori "Pariwisata dan Ekonomi Kreatif" dalam ajang Indonesia Awards 2020. Gubernur Jabar Ridwan Kamil kemarin secara langsung menerima trofi pada malam puncak yang digelar di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (7/10/2020) malam.

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim iNews dan dewan juri yang telah memilih Jawa Barat sebagai provinsi terbaik di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

Ia menjelaskan, Jabar memiliki potensi kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang ekonomi kreatif. Pariwisata juga mampu mengangkat ekonomi lokal sehingga jumlah masyarakat di Jabar Selatan yang mengadu nasib bekerja di luar negeri berkurang secara signifikan. Selain itu, Jabar mampu menyumbang sepertiga ekspor ekonomi kreatif nasional.

"Karena memang (Jabar) tanahnya indah, orangnya kreatif. Sepertiga ekspor ekonomi kreatif Indonesia datang dari Jawa Barat. Jadi, kunci pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus kita kembangkan karena tanah Jawa Barat diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum,” tutur Kang Emil.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus mendorong sektor pariwisata di Jabar, termasuk di masa pandemi global COVID-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Sambil menunggu vaksin, yang terpenting disiplin menjaga protokol kesehatan (yaitu) pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan dengan sabun,” ujar Kang Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik Kurrohman menambahkan, pihaknya memiliki tiga langkah atau fase sebagai terobosan pariwisata di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan dengan kolaborasi Pentahelix.

“Terobosan di masa pandemi, selain ada tanggap darurat, emergency kesehatan, kami juga punya target Juni sampai Desember ini pemulihan pariwisata. Kemudian di Januari (2021) akan coba melakukan normalisasi,” kata Dedi.

Selain itu, lanjut Dedi, Pemda Provinsi Jabar juga berkomitmen menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Jabar, di antaranya dengan membentuk Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jabar, membangun Creative Center di kabupaten/kota se-Jabar, serta mengembangkan destinasi pariwisata Tipe 1 dan destinasi wisata Tipe 2.

"Tipe 2 seperti Kali Malang (Bekasi) dan Waduk Darma (Kuningan),” ujar Dedi.

“Selain itu, komitmen lain yakni membangun beberapa Creative Hub di kabupaten/kota. Creative Hub yang sudah mau selesai (pembangunannya) di Kota Bogor, Subang, Cirebon. Kami juga sudah punya rencana induk pengembangan ekonomi kreatif,” katanya.

Indonesia Awards 2020 sendiri merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh iNews kepada lembaga pemerintah dan nonpemerintahan serta perorangan atas dedikasi, prestasi, dan konsistensinya dalam membangunan negeri. Di tahun ketiga penyelenggaraannya, Indonesia Awards 2020 mengusung tema "Kebanggaan Indonesia”.

Juri kehormatan dari ajang ini yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Muhadjir Effendi, Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto, dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update