.

Gubernur Jabar Luncurkan Program Sadesha Tahap II


BANDUNG.LENTERAJABAR
,--Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, menghadiri istighosah kubro di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Rabu (21/10/2020). 

Dalam acara tersebut, Kang Emil pun meluncurkan program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) tahap II. Pada tahap ini, jumlah peserta meningkat menjadi 4.500 orang, sedangkan peserta Sadesha tahap pertama yakni 1.500 orang.

"InsyaAllah 5.312 desa akan punya penghafal Al-Qur'an melalui program Sadesha. Program ini kecepatannya luar biasa tahun lalu menghasilkan 1.500 hafidz yang kita berikan beasiswa untuk mencetak hafidz Al-Qur'an. Sekarang 4.500 hafidz," kata Kang Emil.

Program Sadesha sendiri terbagi menjadi dua, yakni beasiswa bagi penghafal Al-Qur'an dan pemberdayaan para hafidz sebagai pengajar Al-Qur'an di desa-desa untuk mencetak penghafal-penghafal Al-Qur'an baru.


"Yang belajar langsung dan hafidz Al-Qur'an kita kirim ke desa-desa untuk melatih masyarakat desa menjadi penghafal Al-Qur'an," ucap Kang Emil.

Program Sadesha juga sejalan dengan visi pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan kualitas SDM tak hanya mengenai teknologi dan pendidikan, tapi juga keagamaan juga perlu ditingkatkan.

"Saya yakin kalau generasi kita qurani, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan dan berkat rahmat-Nya kepada tanah Jabar," kata Kang Emil.

Peluncuran Sadesha tahap II dilakukan secara simbolis dengan penyematan rompi kepada dua orang perwakilan peserta oleh Kang Emil dan disaksikan virtual oleh para santri.(Rie/Red)