Notification

×

Iklan

Iklan

8 ASN Jabar Terpilih sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik Edisi Agustus 2020

Jumat, 16 Oktober 2020 | 21:05 WIB Last Updated 2020-10-16T14:05:47Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik Bulain Ini (Employee of the Month) edisi kedua bulan Agustus 2020.

Atas kinerja dan keteladanannya, kedelapan ASN ini mendapatkan piagam penghargaan, piala bergilir, tunjangan kinerja, dan menghadiri makan siang bersama gubernur dalam seremoni yang berlangsung di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (16/10/2020).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, Pegawai Berkinerja Terbaik Bulan Ini merupakan salah satu inovasi Pemda Provinsi Jabar dalam meningkatkan dan mengapresiasi kinerja para ASN.

“Dari ribuan tentu yang berikhtiar bekerja, bapak/ibu (Employee of The Month) terpilih sebagai insan yang terbaik dan tentunya ini adalah kebahagiaan,” kata Kang Emil.

“Kami ingin mengapresiasi para ASN yang mungkin tidak pernah selalu bersentuhan langsung dengan saya, tapi saya tahu para ASN bekerja dengan luar biasa. Dan itu yang harus saya apresiasi,” imbuhnya.

Kepada Pegawai Berkinerja Terbaik Bulain Ini, Kang Emil berpesan agar intens meniatkan bekerja untuk ibadah, dan bermanfaat bagi masyarakat Jabar. Penghargaan, kata ia, jangan menjadi tujuan utama dalam bekerja maupun melayani masyarakat.

“Bagi ASN yang belum mendapatkan penghargaan, semangat bekerja jangan menurun. Karena sudah bersumpah menjadi ASN yang bertugas melayani masyarakat," ucapnya. “Tolong sampaikan juga ke ASN lain bahwa kita terus berinovasi,” tambahnya.

Kang Emil menilai, tugas ASN pada masa depan akan dinamis seiring dengan berkembangannya teknologi yang dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin. Oleh karena itu, ia meminta para ASN di Jabar untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan tugas-tugas yang dinamis.

"Jabatan di masa depan adalah jabatan yang dinamis. Pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus pun telah menyelesaikan tugas-tugas yang dinamis, mengelola ketidakpastian, mengelola sebuah SOP (Standar Operasional Prosedur) supaya dipatuhi, dan lain sebagainya," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada empat tahap seleksi dalam pemilihan pegawai berkinerja terbaik. Selain itu, ASN yang mendaftar semakin banyak setiap bulannya.


Untuk pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus, terdapat 46 ASN dari Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang mendaftar. Kemudian, 346 ASN dari Jabatan Administrasi, 975 ASN dari Jabatan Pengawas, 1.737 ASN dari Jabatan Fungsional, dan 6.300 ASN dari Jabatan Pelaksana, ikut mendaftar.

“Ada delapan orang Employee of The Month termasuk salah satunya ada Employee of Three Months karena untuk Eselon II atau JPT Pratama setiap tiga bulan,” kata Setiawan.

“Employee of The Month ini memang salah satu yang menjadi tradisi dan terobosan di Jabar. Semua yang masuk dalam Employee of The Month, kita catat dalam Talent Management. Jawa Barat sedang menyusun namanya Talent Management, di mana mereka ini adalah kandidat, kalau terus berprestasi, salah satu pengisi jabatan untuk yang berikutnya,” imbuhnya.

Setiawan menjelaskan, pegawai berprestasi yang dinilai setiap bulan adalah para pegawai yang memiliki pekerjaan tidak rutin. Artinya, mereka adalah pegawai yang melaksanakan pekerjaan yang bersifat dinamis. Salah satunya bertugas sebagai fasilitator pengadaan tanah.

Setiawan berharap, dengan adanya Employee of The Month, para ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan melahirkan prestasi serta inovasi.

“Apakah ini (Employee of The Month) efisien untuk meningkatkan kinerja? Pastinya, karena yang dinilai adalah kinerjanya. Apakah akan membangkitkan semangat teman-teman lainnya? Harusnya iya, karena mereka diberikan penghargaan sesuai dengan pengorbanannya,” tambahnya.

Kepala Seksi Perencanaan Pengadaan Tanah Dinas Perumahan dan Permukiman Jabar Isma Andini P, salah seorang pemenang Pegawai Berkinerja Terbaik Bulan Ini, mengatakan, penghargaan tersebut memicu dirinya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja.

“Kami para ASN ini bekerja ada atau tidak ada penghargaan, kami tetap bekerja. Itu adalah suatu pengabdian karena itu sudah menjadi janji dari seorang abdi negara,” kata Isma.

Sebagai fasilitator pengadaan tanah, Isma kerap menghadapi tantangan di lapangan terlebih dalam hal pembebasan lahan.

"Kalau kami mengikuti sesuai aturan, tahapan demi tahapan dan tidak bermain-main. Insyaallah semua yang menjadi pekerjaan kita akan selesai dengan baik,” ucapnya.

“Penghargaan ini juga menjadi semangat buat saya untuk meningkatkan kinerja. Saya juga berterimakasih kepada Pak Gubernur, Pak Sekda, dan jajaran yang telah menciptakan sistem ini. Ini merupakan suatu penghargaan buat kami untuk untuk terus-menerus mengabdi sebagai ASN,” imbuhnya.

Berikut para penerima penghargaan Employee of The Month Agustus 2020:
1. Hening Widiatmoko, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kategori Pimpinan Tinggi Pratama;
2. Sri Endang M, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kategori Administrator;
3. Isma Andini P, Kepala Seksi Perencanaan Pengadaan Tanah Dinas Perumahan dan Permukiman, Kategori Pengawas;
4. Hermin Wijaya, Kepala Seksi Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika, Kategori Pengawas;
5. Turwelis, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kategori Fungsional;
6. Taufik Al Muzaky, Analis Kerja Sama Luar Negeri Biro Pemerintahan dan Kerja Sama, Kategori Pelaksana;
7. Waseso Wibisono, Penyuluh Teknik Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika, Kategori Pelaksana; dan
8. Shendy Herdianthy, Pengelola Gaji Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kategori Pelaksana.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update