.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul: HUT ke-75 Kemerdekaan RI Jadi Momentum Tingkatkan Daya Saing Bangsa


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menjadi inspektur upacara penurunan bendera Indonesia tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin  sore (17/8/2020).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) merupakan momentum untuk meningkatkan daya saing dan mewujudkan Indonesia Maju. 

Selain itu, kata Kang Uu, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19 menjadi kesempatan banga Indonesia untuk berinovasi. Sebab, pandemi COVID-19 memukul semua aspek kehidupan, seperti kesehatan, ekonomi, dan sosial. 

"Saat ini kita juga saling bersaing dengan negara lain untuk menjadi negara yang kuat. Hal ini tidak hanya diukur berdasar kemampuan keamanan dan pertahanan, pertumbuhan ekonomi dan jumlah pendapatan per kapita suatu bangsa," kata Kang Uu saat menjadi inspektur upacara penurunan bendera Indonesia tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (17/8/20) sore. 

Menurut Kang Uu, daya saing suatu bangsa ditentukan oleh sejumlah hal. Mulai dari stabilitas politik, demokrasi, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), sampai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, pendidikan, ketakwaan, dan keimanan, akan memengaruhi daya saing bangsa Indonesia. 

"Perlu kita ingat bahwa modal dasar melaksanakan pembangunan ialah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI ditambah wawasan nusantara sebagai geopolitik, dan ketahanan nasional sebagai geostrategi," ucapnya.(Rie/Red)