Notification

×

Iklan

Iklan

Program P4GN Sasar 278 Pegawai Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi

Selasa, 25 Agustus 2020 | 19:58 WIB Last Updated 2020-08-25T12:59:05Z
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Sebanyak Sebanyak 278 pegawai Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP)  di Jalan Soekarno- Hatta No.444 Badung, Jawa Barat, menjalani tes urine, Selasa (25/8). Tes dilakukan guna memastikan para pegawai PSDMBP bebas dari pengaruh narkoba. 

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihak PSDMBP menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang bahaya narkotika dan efek samping bagi penggunanya. Pemeriksaan urine dilakukan di Gedung D lantai 4 kantor PSDMBP yang dimulai pada pukul 07.30  dan berakhir pukul 14.00 Wib. 

Sebelum dilakukan tes urine, acara dimulai dengan sambutan M. Awaludin, S.T.,M.T, (Kepala Bidang Mineral) PSDMBP. Menurut Awaludin, kegiatan tes urine ini sedianya dilaksanakan pada Maret lalu, namun karena adanya Covid-19, pelaksanaan tertunda dan baru bisa dilaksanskan hari ini. Kegiatan tes  urine ini  merupakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang  harus kita laksanakan, karena hal ini sudah diperintahkan melalui surat Sekjen Kementrian ESDM baik itu PNS maupun Non PNS.

Sementara itu,  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial, S.IP.,MH, memberikan pemaparan perihal P4GN.  P4GN harus dilaksanakan  karena kondisi negara kita  sedang darurat narkoba. P4GN, kata Deni Yus, merupakan suatu strategi negara dalam penanggulangan bahaya narkoba. Penguatan P4GN ini sudah tertuang melalui Inpres Presiden No. 2 Tahun 2020, dimana salah satu poinnya ditujukan kepada seluruh kementrian dan lembaga harus melaksanakan program P4GN. 

Pelaksanaan tes urine, merupakan bagian dari upaya  pencegahan. Deni Yus menambahkan,  darurat narkoba   salah satu indikatornya adalah tingginya angka prevalensi penyalahgunaan narkoba. Sekarang ini di Indonesia pengguna narkoba mencapai 3.4 juta orang per harinya. Oleh karena itu,  upaya pencegahan melalui program P4GN harus terus kita lakukan. Pelaksanaan program ini merupakan tanggungjawab kita bersama. 

Sedangkan terkait dengan pemeriksaan tes urine, seluruh pegawai yang berjumah 278 orang pegawai dinyatakan negatif mengkonsumsi narkoba. Mereka yang menjalani tes urine itu adalah Kepala Bidang Mineral, staf TU, bidang mineral, bidang batubara, bidang panas bumi, sekuriti dan office boy. ***
×
Berita Terbaru Update