.

Ketua DPRD Jabar Hadiri Peringatan HUT Bhayangkara ke 74

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat foto bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil,Kapolda Jabar Irjen Polisi Rudy Sufahriadi dan unsur Forkopimda Jabar Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

BANDUNG.LENTERA JABAR.COM,--Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat menghadiri Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-74 bersama Presiden RI via video conference di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut seiring adanya pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan upacara dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat memberi apresiasi kepada Kepolisian Daerah (Polda) Jabar yang mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan terlibat aktif dalam penanganan COVID-19 di Jabar. 

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat hari jadi untuk keluarga besar Bhayangkara yang ke-74,” kata politisi dari Partai Gerindra ini. 

“Kami merasakan selama ini koordinasi sangat baik, kinerja luar biasa. Bahkan selama COVID-19 Jawa Barat bisa menjadi salah satu daerah terkendali berkat kinerja dari kepolisian,” imbuhnya. 

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Polisi Rudy Sufahriadi mengucapkan terimakasih kepada unsur Forkopimda Jabar. Menurut ia, sinergisitas merupakan kunci keberhasilan Jabar menjaga kondusivitas, maupun penanganan COVID-19. 

“Polri di Jawa Barat ini, khususnya Polda Jabar tidak akan ada apa-apanya tanpa sinergisitas TNI dan Pemda Jawa Barat,” kata Rudy. 

“Saya bersyukur, dan saya bangga terhadap Pangdam III/Siliwangi yang selama ini telah bekerja sama membantu Bapak Gubernur (Jabar) selaku Ketua Gugus Tugas untuk menangani COVID-19 di Jawa Barat,” tambahnya.

Upacara dilakukan secara virtual, dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam amanatnya,Presiden RI Joko Widodo, mengatakan bahwa keterlibat kepolisian, terutama di masa pandemi COVID-19, sangat penting. Menuru Presiden RI, kepolisian harus ikut terlibat aktif mengajak masyarakat  menerapkan protokol kesehatan, ikut mendistribusikan bantuan sosial, dan aktif menjaga keamanan serta ketertiban.

“Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah hal yang paling utama. Keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif humanis, namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta Polri agar tetap melaksanakan agenda strategisnya, meskipun ikut terlibat aktif dalam penanggulangan COVID-19. Institusi Polri juga diminta melakukan reformasi diri, terus menjaga profesionalitas, dan modern.

“Walaupun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi Covid-19, tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan. Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya untuk memperbaiki agar lebih profesional dan modern,” ucapnya. (Rie/Red)