Notification

×

Iklan

Iklan

Pemda Provinsi Jabar Intensifkan Rapid Test Selama Penerapan PSBB

Rabu, 22 April 2020 | 14:12 WIB Last Updated 2020-04-22T07:12:38Z
Petugas saat mengambil sampel darah saat rapid test

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan terus mengintensifkan rapid test di kabupaten/kota yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Berli Hamdani.

Menurut Berli,  rapid test masih berlangsung di lima wilayah Bodebek yang sudah menerapkan PSBB sejak tanggal 15 April - 28 Mei 2020,  dan juga di lima wilayah Bandung Raya yang akan menerapkan PSBB sejak Rabu,  22 April 2020 hingga 14 hari ke depan.

Menurut Berli,  targetnya adalah 0,6% populasi di wilayah yang sedang menerapkan PSBB. Sehingga,  target jumlah warga Jabar yang akan di tes cepat ini akan terus bertambah,  melampaui angka 71.451 pertanggal 20 April 2020.

Hanya saja,  Berli mengakui masih terdapat kendala dalam upaya menggelar rapid test di kota kabupaten yang menerapkan PSBB.

"Kita masih kekurangan alat untuk melakukan rapid test. Belum datang semua," ungkapnya. Ditambahkan Berli,  persediaan alat untuk rapid test yang tersedia di Provinsi Jawa Barat sudah semakin menipis.

Hingga saat ini,  menurut Berli,  sebanyak 96.000 alat rapid test sudah disebarkan ke 27 kabupaten /kota di Jawa Barat.

Terkait potensi penambahan jumlah kasus positif COVID-19 di Jabar seiring dengan digelarnya tes cepat, menurut Berli, tenaga kesehatan yang ada di  Jabar sudah siap mengantisipasi lonjakan jumlah kasus positif COVID-19.

"Hanya saja,  para tenaga kesehatan ini masih perlu dilengkapi APD yang sesuai standar WHO,  sehingga merekapun terlindungi dari potensi terpapar virus, saat menangani mereka yang positif COVID-19," tuturnya.

Ditambahkan Berli,  kurangnya APD standar yang digunakan para nakes saat penanganan COVID-19,  juga menjadi prioritas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, untuk segera dilengkapi ketersediaannya.(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update