.

Anggota Komisi V DPRD Jabar Sambagi Mantan Penghuni Wyata Guna

caption : Siti Muntamah Anggota Komisi V DPRD Jabar saat berdialog dengan alumni Wyata Guna di Jalan Pajajaran, Pasirkaliki, Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Siti Muntamah Anggota Komisi V DPRD Jabar yang akrab di sapa Umi ini mendatangi penghuni Wyata Guna yang terusir dan kini berdiam di trotoar depan gedung tersebut di Jalan Pajajaran kota Bandung, Rabu (15/1/2020). 

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera ini menyambagi korban pengusiran yang tidur di trotoar ini mengatakan,Pemprov Jabar telah menyediakan fasilitas untuk tempat tinggal mereka tutur wakil rakyat daerah pemilihan Kota Bandung-Cimahi . 

"Memang dari dulu Wyata Guna ini yang memanfaatkan bukan hanya Jabar tapi di luar Jabar juga. Menurut saya ini sangat tepat dikelola pusat," ungkap politisi partai berlambang bulan sabit kembar ini. Ia mengatakan, terdapat perubahan nomenklatur Wyata Guna dari tadinya panti menjadi BLK (Balai Latihan Kerja). 

Lebih lanjut dikatakan Umi, sosialisasi pun sudah dilakukan kepada penghuni Wyata Guna. Mereka pun diberi batas hingga akhir Desember 2019 dan setelah itu harus meninggalkan atau tidak lagi bisa berdiam di Wyata Guna. 

Menurutnya, perubahan panti menjadi balai jauh lebih adil. Sehingga bisa gantian secara berkala. "Jauh lebih adil dan lebih banyak penerima manfaat program. Hanya memang ini masa transisi hanya mereka ini berembuk menyatukan hati. Tadi saya bilang kalau menghilangkan trauma hiling di sini tidak bagus apalagi menghabiskan setengah jalan,"tutur Umi. 

Ditambahkan Umi, Pemprov Jabar sudah menyiapkan tempat di kawasan Cibabat milik Dinsos Jabar. Setidaknya, terdapat 41 penyadang disabilitas yang berdiam di trotoar Jalan Pajajaran saat ini, 30 orang di antaranya merupakan penghuni yang terdampak. 

Untuk relokasi, temen-teman netra mau berembug, karena tidak smua memahami tentang tempat relokasi, semoga secepatya mereka mengambil keputusan yang kondusif,” imbuhnya. "Saya sudah ke sana, tempatnya bagus, keren. Mereka bisa di sana sampai yang lulus sekolah, " pungkasnya.(Rie/Red)