.

Tingkatkan Sektor Kepariwisataan Pemkab Bandung Masifkan Event 2020

SOREANG.LENTERAJABAR.COM,-Kabupaten Bandung merupakan daerah yang  banyak memiliki objek daerah tujuan wisata (ODTW).Seperti Kawah Putih,Ranca Upas dll.

Menyikapi hal tersebut dalam upaya mengenjot sektor kepariwisataan pada  tahun 2020. Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) mencanakan sepanjang tahun 2020 ada lebih dari 30 agenda kepariwisataan yang digelar.

Hal itu terungkap dalam peluncuran Calendar of Event 2020 dan peresmian TIC (Tourism Information Center) Kabupaten Bandung, di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (27/12/2019).

Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran aplikasi Bandreg Event (Bandung Regency Calendar of Event 2020) yaitu aplikasi yang berisi informasi mengenai even yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser mengungkapkan, masih ada aspek pariwisata yang harus ditingkatkan dan dikembangkan.

"Teori manajemen pemasaran yang harus kita pikirkan. Jadi nanti di pusat informasi pariwisata ini, bagaimana pemasaran yang baik, menjual, serta mem-branding sebuah kegiatan atau even yang digelar," tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Vena Andriawan mengatakan, Calendar of Event ini merupakan rangkaian kegiatan yang akan diadakan di Kabupaten Bandung sepanjang tahun 2020. Semua kegiatan digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bandung.

"Ini sebagai langkah awal membentuk komitmen dengan seluruh komunitas yang tahun depan akan berkolaborasi di dalam melaksanakan even. Hari ini merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat Kabupaten Bandung serius untuk mempromosikan Kabupaten Bandung melalui even-even karena terbukti bisa meningkatkan derajat ekonomi masyarakat," papar Vena.

Beragam even yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bandung pada tahun 2020 yakni Festival Gunung Puntang, Sabilulumpat Color Run, Pesta Rakyat Sabilulungan, Ngabusburit Sabilulungan, Kawah Putih Jazz Festival, Jelajah Kopi Kabupaten Bandung, Sabilulungan Ekonomi Kreatif Fair, Pasanggiri Mojang Jajaka, Karnaval Kemerdekaan, Lake to Lake Fun Bike, Culinary Fest, Bamboo Fest, Sabililulungan Hijrah Fest, Pasanggiri Pop Sunda (DAMAS), dan Gelar Budaya Miasih Bumi.

Lalu, ada pula Culture Festival yang di antaranya yaitu Wuku Taun Rumah Adat Cikondang, Upacara Turun Pusaka Bumi Alit, Hajat Huluwotan Mekarsari Gambung, Pagelaran Wayang Tingkat Nasional, Festival Situ Sipatahunan Baleendah, serta Festival Curug Cinulang Cicalengka.

"Tahun depan itu kurang lebih akan ada 30 even, mulai dari untuk milenial, event cultural, even komunitas, karnaval dan sebagainya. Kami juga melakukan supporting even kepada beberapa dinas. Itu menandakan bahwa Dinas Pariwisata mengembangkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Bandung, termasuk kami mendorong dinas-dinas yang ada itu program kerjanya dibuat menjadi festival sehingga menarik orang untuk datang dan untuk tahu programnya lebih dalam," terang Vena.

Dengan banyaknya even tersebut, tambah Vena, Pemkab Bandung menargetkan lebih dari tiga juta kunjungan wisatawan di tahun 2020. Sebagai penunjang, Pemkab Bandung juga membuka Gedung TIC (Tourism Information Center) yang memiliki fungsi sebagai pusat dari informasi pariwisata yang ada di Kabupaten Bandung.

"Di dalamnya dikengembangkan dengan pola bisnis development, jadi gedungnya itu bisa menghidupi dirinya. Termasuk di dalam ada layanan ATM center, money changer, kemudian ada beberapa space yang disewakan dan bisa menghidupi gedungnya," terangnya.

Tourism Information Center ini akan melayani seluruh wisatawan yang datang ke Kabupaten Bandung berupa informasi-informasi tentang paket perjalanan, informasi destinasi wisata, informasi even, semua all about tourism disajikan di Tourism Information Center ini, pungkasnya.(Mat/Red)