.

Sarling di Kota Cirebon: Atalia Ajak Siswa Jadi Generasi Berencana

CIREBON.LENTERAJABAR.COM,- Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil melakukan Siaran Keliling (Sarling) di SMA Negeri 3 Cirebon, Kota Cirebon, Senin (16/12/19). 
Dalam kesempatan itu, dia memaparkan pentingnya mengembangkan diri dan bercita-cita. 

"Tadi kami hadir di SMA Negeri 3 Kota Cirebon yang luar biasa, karena mereka menjaga sekali budaya nusantara, khususnya wilayah Jawa Barat. Sehingga, sekolah tersebut menjadi sekolah teladan," kata Atalia. 

"Di sana saya memotivasi siswa dan menjelaskan pada mereka terkait pentingnya kita untuk memiliki cita-cita. Kemudian juga menyampaikan bagaimana mereka harus selalu berada dalam jalan sesuai dengan jalurnya.”

“Saya sampaikan terkait dengan sosialisasi Generasi Berencana (GenRe), bagaimana mereka harus menghindari tiga hal telah kita sepakati bersama, yaitu jauhi seks bebas, tidak ada pernikahan dini, dan juga jauhi NAPZA," imbuhnya. 

Selain itu, Atalia menyosialisasikan sejumlah fakta tentang virus HIV/AIDS. Hal itu dilakukan karena masih banyak remaja yang kurang paham soal virus HIV/AIDS.

"Karena ini masih Desember dan masih berkaitan dengan Hari AIDS Internasional, kami juga memberikan sosialiasi tentang HIV/AIDS. Karena ternyata ada pemahaman dari para remaja yang belum sempurna terkait dengan kekhawatiran mereka. Bahwa kontak fisik akan mengakibatkan ketularan HIV/AIDS," ucapnya.

"Padahal, seseorang bisa tertular virus tersebut karena adanya empat hal, yaitu hubungan seks berisiko, transfusi dari orang yang (mungkin) sudah terjangkit, saling bertukar jarum suntik, dan terakhir yang sangat dikhawatirkan adalah adanya transfer dari ibu hamil dan menyusui anaknya," tambahnya. 

Atalia berharap pertemuan tersebut dapat memotivasi para siswa untuk berkarya dan berprestasi. “Harapannya, semoga sekolah ini menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya, dan siswa-siswanya dapat semakin memaksimalkan potensinya agar semakin berprestasi juga," katanya. 

Sedangkan, salah satu siswi SMA Negeri 3 Cirebon, Ananda Rizki Sabrina, menyambut kedatangan Atalia dengan antusias. Menurut dia, pesan yang disampaikan Ketua TPP PKK Provinsi Jabar itu informatif dan berharga. 

"Tadi Ibu Atalia menyampaikan banyak sekali motivasi yang berguna dan menyadarkan kita tentang literasi, tentang pentingnya mencari ilmu dan pentingnya memilih pergaulan yang baik," ucapnya.

“Apalagi ketika Ibu Atalia memberikan informasi tentang bahayanya HIV/AIDS, kita jadi semakin paham tentang cara agar terhindar dari virus itu, terus cara penularannya gimana. Semoga semakin sering acara-acara seperti ini," tambahnya.(Rel/Rie)