Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Jabar Launching Buku 30 Penulis Perempuan Hebat

Sabtu, 21 Desember 2019 | 16:14 WIB Last Updated 2019-12-21T09:14:09Z

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM, -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan peluncuran buku '30 Penulis Perempuan Hebat : Pok Pek Prak Endang Caturwati di Tatar Sunda, Perempuan Indonesia Dulu dan Kini Membangun Kecerdasan Bangsa di Bumi Nusantara', Sabtu (21/12/19).

Acara peluncuran yang berlangsung di Kantor Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Kota Bandung, itu masuk dalam rangkaian peringatan Hari Ibu nasional yang jatuh setiap 22 Desember.

Melalui peluncuran buku tersebut, Ridwan Kamil mengatakan bahwa terbitnya sebuah buku yang ditulis oleh 30 perempuan hebat menandakan besarnya perhatian dan kepedulian terhadap perempuan.
"Hari ini terbit sebuah buku yang ditulis oleh 30 perempuan hebat yang menandakan di Jabar kepedulian terhadap perempuan sangat luar biasa," kata Emil --begitu Ridwan Kamil disapa.

Emil pun menyebutkan sejumlah tokoh perempuan Jabar yang kini menempati posisi strategis di lembaga pendidikan, yakni Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D., dan Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Dr. Hj. Een Herdiani, S. Sen., M. Hum.

"Ini menandakan kami punya budaya memberikan kesempatan besar kepada peran perempuan selama kompetensi dan prestasinya memungkinkan," tutur Emil.
Pun terinspirasi dari kiprah pahlawan perempuan asal Jabar yaitu Dewi Sartika, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mendirikan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) sebagai upaya untuk memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan.

Emil mengatakan, sekolah yang telah mewisuda 2.700 orang ini bertujuan demi mewujudkan kemandirian ekonomi, ketahanan keluarga, dan menjadi penggerak sosial.

"Sekoper Cinta itu output-nya kemandirian ekonomi, kita beri modal juga, lalu ketahanan keluarga, ketiga menjadi penggerak sosial di RT-RW-nya," ucap Emil.

Sementara itu, peluncuran buku tentang kiprah 30 penulis perempuan hebat juga diapresiasi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Dia menilai, buku tersebut menandai adanya kebangkitan baru kaum perempuan di Indonesia setelah puluhan tahun kurang terlihat kiprahnya.

Muhadjir pun berharap peluncuran buku tersebut juga dilakukan oleh dareah dan paguyuban lainnya di Indonesia. "Saya sangat apresiasi kalau ini bisa dilakukan di provinsi dan paguyuban lainnya di Indonesia," pungkasnya.(Rel/Rie)

×
Berita Terbaru Update