.

Semarak Ceremoni West Java Festival Disparbud Jabar

BANDUNG,LENTERAJABAR.COM, - Opening ceremony West Java Festival (WJF) dilaksanakan  di Gedung Sate Bandung jalan Diponegoro no 22 kota Bandung.Sabtu (2/11/2019)

Pembukaan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil beserta ibu Atalia praratya kamil, Mentri Kelautan RI  Edhy Prabowo, Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Ketua DPRD Provinsi Jabar, Direktur BPJS Pusat, sesepuh sumedang larang, asisten deputi destinasi pariwisata kemenparekraf Wwawan Gunawan, istri wakil gubernur jawa barat, ketua darmawanita, seluruh bupati dan walikota di Jawa Barat,pejabat di lingkungan pemprov Jabar, dan juga instansi vertikal di Jawa Barat.

Ceremoni dibuka dengan penampilan budaya betawi, dan penampilan seni tari sri pohaci.
Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil menyampaikan pada ceremoni pembukaan west java festival tadi ditampilkan budaya betawi, hal ini didasarkan karena adanya alukturasi budaya di Jawa Barat yaitu budaya betawi dan jawa barat utamanya yaitu di daerah bekasi dan depok yang termasuk wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Kedepannya Gubernur mempersiapkan jawa barat sebagai provinsi pariwisata.

Setelah itu dilakukan launching SmilingWest Java.Merupakan portal atau aplikasi untuk traveler yang isinya berupa objek wisata dan perjalanan wisata di Jawa Barat. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan mengekspose wisata,meningkatkan kunjungan wisatawan,dan sebagai bahan analisis data perencanaan pariwisata jawa barat.

Didalam aplikasi tersebut juga diisi Booking tiket objek wisata,hotel,tiket wisata dan tiket pesawat juga adanya blog dan info detil tentang objek wisata.

Pada kesempatan tadi juga dilaunching rumah edukasi anti narkoba "touch me" oleh Kepala BNN Republik Indonesia.

Ridwan kamil menambahkan selama 3 hari rakyat jabar merayakan keragaman budaya melalui etalase west java festival.Kegiatan ini dilakukan dalam mewujudkan jawa barat bahagia lahir batin. Dan kegiatan ini merupakan puncak peringatan hari jadi Jawa Varat yang ke 74 Tahun.
Ada program ikan,boot edukasi,dan juga rilis rumah edukasi BNN.

Gubernur menjelaskan juga ,setiap tahun kunjungan wisatawan hampir 60 jt. Dan kunjungan hampir mayoritas wistawan domestik.

Menurut ada 3 jenis pembangunan di Jawa barat yaitu :
1. Tipe 1 memperbaiki akses.
2. Membuat destinasi
3. Membuat Kawasan ekonomi khusus,jelasnya  

Gubernur mengajak fokus membangun jawa barat dan indonesia dengan inovasi,kolaborasi demi memajukan pariwisata jawa barat.
.
Pada kesempatan tersebut, Mentri Kelautan RI turut memberikan sambutan dan menyatakan apapun program jabar tentang kelatan akan didukung..

Setelah prosesi ceremoni sambutan dilanjutkan dengan carnaval yang diikuti oleh 3 provinsi diantaranya yaitu Prov Bangka belitung, DKI Jakarta dan provinsi Kalimantan timur. Dan juga diikuti oleh carnaval dari 21 kabupaten kota di Jawa Barat, diantaranya yaitu carnaval dari Kab cirebon,kota bogor,kab majalengka,indramayu.dan juga carnaval yang diikuti oleh OPD di lingkungan pemprov Jabar.(Ari/Rel)