Notification

×

Iklan

Iklan

Program SPP Gratis Akan Di Kawal FPKB DPRD Jabar

Jumat, 29 November 2019 | 15:51 WIB Last Updated 2019-11-29T08:51:17Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang unggul tentunya faktor pendidikan merupakan syarat utama,untuk mensukseskan program tersebut  Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar mengeluarkan kebijakan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) gratis untuk sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Jabar mulai 2020/2021. Hal ini tidak terlepas atas dorongan dari Komisi V DPRD Jabar.

"SPP gratis untuk SMA dan SMK di Jabar akan diberlakukan pada tahun ajaran 2020/2021. Kami terus berjuang untuk perbaikan di dunia pendidikan di Jawa Barat," ujar anggota Komisi V dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Dadan Hidayatulloh, Jumat (29/11/2019).

Menurut Dadan politisi partai berlambang bola dunia bintang sembilan ini , kebijakan Gubernur Jabar sangat bagus dan merespon apa yang menjadi usulan Komisi V DPRD Jabar dalam membantu masyarakat Jawa Barat dalam pembiayaan sekolah.

"Saya sejak awal mendorong agar SPP SMK dan SMA di Jawa Barat untuk digratiskan. Sehingga akan berdampak terhadap dunia pendidikan dan menghasilkan kualitas siswa yang sangat baik," ucapnya.

Komisi V DPRD Jawa Barat, khususnya FPKB,akan terus mengawal kebijakan tersebut. Saat ini secara teknis tinggal dibuat regulasi agar Dinas Pendidikan Jawa Barat cepat dalam mengimplementasikan program tersebut, walaupun baru jenjang SMA dan SMK. "Tinggal teknis dan program itu akan cepat di implementasikan," katanya.

Ia menuturkan, Dinas Pendidikan Jabar sudah menghitung besaran kesuluruhan anggaran berdasarkan jumlah rombongan belajar (rombel) di sekolah. Adapun besaran dana yang diberikan pemerintah kepada tiap siswa, berkisar antara Rp 150 ribu-Rp 180 ribu per bulan. Namun, ia menggarisbawahi pembebasan biaya tersebut hanya berlaku bagi sekolah negeri.

"Kalau untuk swasta sudah ada dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) sehingga tidak termasuk dalam kebijakan Gubernur Jawa Barat," ujarnya.

Ia menambah, program program sekolah gratis itu adalah merupakan perwujudan janji politik "RINDU" semasa kompanye saat Pemilihan Gubernur (Pilgub). Serta merupakan program yang diusulkan PKB selaku partai pengusung Ridwan Kamil-Uu.

Dadan juga mengaku, selain mendorong program sekolah gratis di Jawa Barat, FPKB akan terus mendorong perbaikan sarana pendidikan khususnya ruang belajar. Yang mana di Jawa Barat masih banyak bangunan sekolah baik negeri dan swasta yang sudah mengkhawatirkan.

"Perbaikan sarana pendidikan juga menjadi salah satu target kami, agar Pemrov Jabar memperhatikan," pungkas wakil rakyat daerah pemilihan Jawa Barat XIV meliputi Kabupaten Garut ini.(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update