.

Bukit Mbah Celeng Ditanami Ratusan Pohon Jenis Matoa,Mangga & Ketapang Kencana

BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Bukit Mbah Celeng yang terletak di kawasan atas Kecamatan Cibiru Kota Bandung, ditanami berbagai macam pohon seperti, 100 pohon Matoa, 200 pohon Katapang Kencana dan 50 pohon mangga. 

Penanaman pohon tersebut bagian dari penanaman pohon serentak di seluruh Kecamatan di Kota Bandung, pada acara Bandung Menanam Jilid 1, Kamis (21/11/2019).

Camat Cibiru, Didin Dikayuana menyampaikan, untuk wilayah Kecamatan Cibiru penanam pohon dilaksanakan di Situs Bukit Mbah Celeng dengan luas lahan 8 hektar. Menurutnya, idealnya di kawasan tersebut ditanami 8000 pohon dan dibagi beberapa blok. 

"Untuk kali ini ditanami pohon Matoa, Ketapang kencana mangga juga ada pohon lain bisa manfaatkan," tuturnya. 

Didin menambah kan, penanaman pohon tersebut akan menjadi lebih menarik. Karena, kawasan tersebut akan menjadi objek wisata outdoor yakni bersepeda, hiking dan bisa memanjakan mata melihat pemandangan Kota Bandung. 

"Beberapa kawasan ini juga dikelola oleh klub sepeda, sehingga mereka memanfaatkan tanaman sebagai gerakan memperhatikan penghijauan," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala UPT Balai Benih Ikan Cibiru dan Mengger, Deni asmara menyampaikan, kawasan tersebut memiliki kontur tanah yang bagus untuk ditanami berbagai macam tanaman. Seperti pohon Matoa yang cocok hidup di kawasan dataran seperti Cibiru ini. 

"Tanah di sini bagus. Cocok di daerah suhu wilayah Cibiru ini. Kemudian kami tanam berdasarkan pertimbangan tim survei. Sehingga setiap wilayah tidak sama untuk menanam. Pohon Matoa ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, buahnya seperti lengkeng yang manis dan bisa dikonsumsi," jelasnya. (Rie/Rel)