Notification

×

Iklan

Iklan

Amankan Asian Games 10.200 Personel Gabungan di Siagakan

Jumat, 03 Agustus 2018 | 15:50 WIB Last Updated 2018-08-03T08:50:24Z
BANDUNG,LENTERAJABAR-Dalam upaya pengaman dan mensukseskan penyelenggaraan pesta akbar olahraga Asia,sebanayak 10.200 personel gabungan dari Polda Jabar, TNI, Basarnas, serta instansi terkait diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang dilaksanakan di Jawa Barat.

Demikian hal tersebut diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan usai menggelar Apel Gelar Pasukan Among Raga Lodaya 2018 dalam rangka pengaman Asian Games 21018, di lapangan Gasibu Jalan Diponegoro, Jumat (3/8/2018).

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan momentum yang baik dalam mempromosikan Indonesia di dunia internasional. "Dengan begitu mari kita sama-sama menjaga kondusifitas dan keamanan saat penyelenggaraan Asian Games," terang Agung.

Dari 10.200 personel gabungan yang akan diturunkan saat pam Asian Games, terdiri dari 1.400 personel TNI, 7.500 personel Polri, dan untuk sisanya terdiri dari dinas seperti Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan Basarnas.

"Suasana aman dan kondusif selama penyelenggaran Asian Games akan berdampak positif bagi Jawa Barat khususnya Indonesia. Terlebih, saat itu pandangan dunia akan tertuju ke Indonesia. Saya imbau juga Masyarakat Jabar untuk jadi tuan rumah yang ramah dan bertanggung jawab. Sehingga nama Indonesia diperhitungkan di dunia internasional," terangnya.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Polda Jabar bersama pemerintah daerah agar penyelenggaran berjalan lancar yakni peninjauan kesiapan venue-venue, pengecekan kesiapan personel, pelatihan bahasa Inggris bagi petugas kepolisian, serta penindakan kejahatan jalanan.

"Arahan saya pertama landasi setiap tugas dengan kesadaran dan keiklasan, kedua kedepankan pendekatan preventif, dan penegakan hukum dengan tegas dan terukur," kata dia.

Terdapat lima cabang olah raga yang akan dipertandingkan di sejumlah venue di Jawa Barat, seperti sepak bola, para gliding, sepeda gunung, road race dan kano slalom.

Untuk sepak bola, ada empat stadion yang disiapkan. Pertama Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi dan Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor.

Kemudian paragliding di Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, kano slalom di Bendung Rentang Kabupaten Majalengka, mountanin bike dan Road Race di Kabupaten Subang.(Red/Rls)
×
Berita Terbaru Update