Notification

×

Iklan

Iklan

Untuk Raih WTP Pemkot Bandung Benahi Administrasi Aset

Sabtu, 07 April 2018 | 11:57 WIB Last Updated 2018-04-07T04:57:14Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Pemerintah Kota Bandung menargetkan perolehan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Untuk mendapatkan predikat tersebut Pemerintah Kota Bandung berusaha selesaikan proses administrasi pada beberapa sektor yang disoroti BPK, yaitu piutang pajak, persediaan, aset, dan utang jangka pendek.

Demikian hal tersebut di ungkapkan  Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung Budhi Rukmana kepada wartawan di Bandung, Sabtu (7/4/2018).

Menurut Budhi terkait persoalan aset ini memang tidak mudah, tetapi tetap bisa diupayakan. Bandung berusaha keras untuk meraih WTP ini. Ini sudah tercantum dalam RPJMD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) kita, di tahun 2018 memang targetnya WTP,jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya sebagian besar proses administrasi tersebut sudah rampung dikerjakan dan sudah masuk ke Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).,tuturnya seraya menerangkan LKPD sudah diserahkan pada 29 Maret 2018. Setelah itu mulai 2 April BPK mulai mengaudit untuk LKPD 2017,” ujarnya.

Sebelumnya di acara Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kepala Bidang Aset BPKA Kota Bandung, Siena Halim, setiap saat Pemkot Bandung memproses penyelesaian urusan ini. Tahun lalu, ada Rp 11 triliun nilai aset yang dokumennya belum lengkap. Dari jumlah tersebut, kini tinggal Rp 2,7 triliun yang harus segera dituntaskan.

Tahun lalu kurang lebih Rp 8 triliun aset yang diterima BPK. Kami memang kesulitan untuk menemukan data, terutama data-data lama sebelum tahun 2005,” katanya.

Selain itu, menurut Siena, setiap sektor memiliki karakteristik dokumennya sendiri. Seperti halnya sektor piutang pajak yang memerlukan keakuratan data terkait pelimpahan piutang.Apakah sudah cukup yakin bahwa yang bersangkutanlah yang memiliki piutang pajak, nilainya berapa, apakah wajib pajaknya mengakui, dan sebagainya. Itu butuh proses,” jelasnya..

BPKA telah bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk lebih mengoptimalkan proses pendataan aset. Budhi dan Siena optimis bahwa tahun ini opini WTP bisa terealisasi.

Karena ini merupakan harapan kita bersama.. Kita perlu kolaborasi dengan semua pihak agar cita-cita ini bisa terwujud,pungkas Siena.(Red)
×
Berita Terbaru Update